Deretan Sutradara Indonesia yang Dikenal hingga Mancanegara

Evan Oktavianus, Jurnalis · Senin 17 Agustus 2020 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 17 206 2263357 deretan-sutradara-indonesia-yang-dikenal-hingga-mancanegara-gY3VoDqjL6.jpg Joko Anwar. (Foto: IG @jokoanwar)

JAKARTAPerfilman Indonesia terus berkembang dari tahun ke tahun. Film yang makin berkualitas sekaligus melambungkan nama sejumlah sutradara ke panggung dunia.

Berikut 5 sutradara Indonesia yang karyanya dikenal sampai ke luar negeri:

1. Joko Anwar

Joko Anwar memulai karirnya di dunia perfilman Indonesia pada 2003 dengan film pendek berjudul Joni Be Brave. Selanjutnya, pria kelahiran Medan ini membuat film-film yang di apresiasi oleh warga Indonesia dan juga warga mancanegara, seperti film Pengabdi Setan, Perempuan Tanah Jahanam dan Gundala.

2. Mira Lesmana

Mira Lesmana.

Mira Lesmana dapat membuat perfilman Indonesia Berjaya hingga ke luar negeri lewat Ada Apa Dengan Cinta atau AADC yang rilis pada tahun 2002.

Baca juga:

Sinopsis Film Soekarno, Perjuangan Bapak Bangsa Merebut Kemerdekaan

5 Fakta Film Pengabdi Setan

Selain itu, kakak kandung dari musisi terkenal Indra Lesmana ini juga dikenal dengan karya-karya apiknya seperti film Gie, Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Sekola Rimba, dan yang lainnya.

3. Riri Riza

Petualangan Sherina, merupakan salah satu karya Riri Riza yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, terutama para generasi tahun 90-an. Selain itu, ia juga membantu Mira Lesmana di film AADC.

4. Arifin C. Noer

Almarhum Arifin C. Noer merupakan salah satu sutradara yang sangat berprestasi dan berani. Arifin salah satu sutradara yang paling banyak mengoleksi piala Festival Film Indonesia.

Selain itu, saat Orde Baru berlansung, Arifin membuat film yang bertemakan politik. Film yang membuat popularitasnya semakin naik yakni film kontroversial G30-S/PKI, Serangan Fajar, Djakarta 1966, dan masih ada yang lainnya.

5. Garin Nugroho

Garin Nugroho.

Garin Nugroho adalah penulis, sutradara dan produser film Indonesia yang sudah cukup kawakan. Namun, ia menjadi cukup populer sampai mancanegara karena film Kucumbu Tubuh Indahku.

Meskipun menerima banyak kritik di Indonesia, film ini sukses di luar negeri. Film ini juga bahkan sempat akan masuk ke dalam salah satu pilihan akademi Oscars di kategori film asing. Di film ini, Garin juga mendapatkan penghargaan sebagai Sutradara Terbaik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini