nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rating Dirasa Tidak Sesuai, Sutradara Surat dari Kematian Protes

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Selasa 31 Desember 2019 02:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 30 206 2147569 rating-dirasa-tidak-sesuai-sutradara-surat-dari-kematian-protes-Eogfsx3IPt.jpg Sutradara Surat dari Kematian (Foto: Ady/Okezone)

JAKARTA - Menyambut tahun baru 2020, berbagai film Indonesia sudah menetapkan jadwal penayangannya. Salah satu dari sekian banyak line-up pembuka 2020 adalah Surat dari kematian garapan MAX Pictures.

Film horor ini merupakan sebuah debut dari sutradara Hestu Saputra. Film bergenre horor ini adalah karya adaptasi dari novel tulisan Adham T. Fusaka.

Baca Juga:

Senangnya Ananda George Dikenal sebagai Prabu Siliwangi

Menikah dengan Bibi Ardiansyah, Vanessa Angel: Kedua Orangtua Kami Sudah Mengesahkan

FIlm Surat dari Kematian

Dari awal hingga syuting berakhir, Hestu Saputra menemukan banyak kendala. Satu hal yang dipusingkan olehnya ialah kualifikasi rating yang diberikan oleh Lembaga Sensor Film (LSF).

LSF telah menetapkan Surat dari Kematian mendapat rating 17+. Sementara Hestu ingin filmnya justru bisa dinikmati oleh usia 13+.

"Dapat rating 17+, saya protes. Ini bukan karena uang atau biar ditonton banyak orang. Film ini punya message tentang bullying, bukan soal pembunuhan atau apapun," kata Hestu.

Hestu Saputra tak habis pikir, film Surat dari Kematian bisa mendapatkan rating 17+. Padahal, akunya, berbagai adegan yang dimuat justru sengaja dibuat untuk mudah diterima oleh rentang usia 13+.

"Film ini dibuat untuk konsumsi 13+, tapi ternyata mereka ngasih 17+. Belum ada balasan dari mereka mengenai alasan 17+. Setelah ada, kita akan argue," seru Hestu.

Proses syuting juga tak luput dari masalah yang menimpa tim produksi. Selain jadwal perizinan menggunakan kampus Universitas Gajah Mada (UGM) yang sulit, tim produksi juga kerap mendapat gangguan mistis di lokasi syuting.

Baca Juga:

Kasus Hukum Medina Zein, Ribut dengan Irwansyah hingga Positif Narkoba

Jenguk Tiger Wong, Chacha Frederica Dibuat Takut oleh Baim Wong


"Saya awalnya gak percaya, saya pikir tiap ada cerita mistis itu gimmick buat naikin filmnya. Tapi akhirnya saya merasakannya," ucapnya.

Film Surat dari Kematian akan tayang pada 9 Januari 2020. Film ini akan menampilkan Jerome Kurnia, Carissa Perusset, Dania Salsabila, hingga Endy Arfian.

1
2
BERITA FOTO
+ 6

Vitalia Shesya Geram Komentar Netizen Tentang Pose Seksinya di Medsos

Pose model cantik Vitalia Shesya. (Foto: Instagram @vitaliashesyareal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini