Image

Bryan Cranston Ajak Masyarakat Beri Kesempatan Kedua untuk Harvey Weinstein dan Kevin Spacey

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 17:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 15 33 1814591 bryan-cranston-ajak-masyarakat-beri-kesempatan-kedua-untuk-harvey-weinstein-dan-kevin-spacey-JW6x8KBR2Z.jpg Bryan Cranston (foto: James Gourley/REX/Shutterstock)

LOS ANGELES - Walaupun masih mengecam Harvey Weinstein dan Kevin Spacey atas ulah mereka, Bryan Cranston ingin memberi mereka kesempatan kedua. Untuk mencapai itu, ia butuh bantuan masyarakat.

Dalam wawancara bersama BBC, pemeran Walter White dalam serial Breaking Bad ini merasa ulah Weinstein dan Spacey bukan penyakit Hollywood saja, tetapi sudah penyakit masyarakat secara umum. Bedanya kali ini, tersangkanya adalah figur publik.

Cranston, sebagai sesama figur publik, ingin menganggap mereka layaknya orang biasa dan memberi ruang untuk taubat. Tetapi, Weinstein dan Spacey harus berusaha sendiri.

(Baca Juga: Australia Academy Cabut Penghargaan untuk Harvey Weinstein, Kenapa?)

Tidak peduli berapa lama, mereka harus bisa membersihkan nama yang kini tercemar kasus pelecehan dan kekerasan seksual. Tugas masyarakat, menurut Cranston, adalah membuka kesempatan maaf sembari mereka berusaha.

“Ayo pikirkan lagi sikap kita. Jika mereka (Weinstein dan Spacey) benar-benar berusaha dan ingin berubah, tidak membela tindakan mereka tapi meminta maaf, mungkin ada kesempatan bagi mereka (untuk kembali),” kata Cranston.

“Kupikir dengan proses itu, kita harus tetap terbuka. Jangan menutup pintu maaf dan bilang,”pergilah saja ke neraka, membusuklah dan pergi dari kami sampai kamu mati.” Ayo jangan begitu, ayo berpikir lebih besar,” imbuhnya.

Sementara itu, pihak Weinstein masih membantah semua tuduhan yang dialamatkan kepadanya. Kuasa hukum menyatakan bahwa Weinstein “menolak segala tuduhan karena tidak pernah melawan wanita yang menolak pendekatannya”.

Padahal, ia dituduh melakukan pelecehan selama sekira tiga dekade, oleh belasan aktris dan model. Weinstein sudah dipecat dari posisinya sebagai co-chairman The Weinstein Company yang kini ikut rugi besar.

(Baca Juga: Susul Harvey Weinstein, Kasus Cabul James Toback Mulai Diselidiki Polisi)

Berbeda dengan Weinstein, Spacey ingin merenung dan mundur sementara dari dunia hiburan. Ia dikabarkan tengah menerima penanganan oleh tenaga ahli di bidang yang belum diungkap.

Spacey pun dicabut dari perannya sebagai Frank Underwood di serial House of Cards dan sebagai bilyuner John Paul Getty di film All the Money in the World. Sekadar diketahui, Spacey diduga melakukan kekerasan seksual terhadap rapper Anthony Rapp saat Rapp masih berusia 14 tahun, yang berarti kekerasan seksual berorientasi homoseks terhadap anak di bawah umur.

Cranston sempat mengecam tindakan Spacey dan menilai kariernya sudah berakhir. “Dia aktor yang fenomenal, tapi sikapnya tidak baik. Kupikir kariernya sudah berakhir,” ujar Cranston.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini