Share

Harvey Weinstein Divonis 23 Tahun Penjara

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2020 08:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 12 33 2182006 harvey-weinstein-divonis-23-tahun-penjara-uyixJMVvJB.jpg Harvey Weinstein (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Harvey Weinstein akhirnya divonis hukuman 23 tahun penjara atas kasus pelecehan seksual dan pemerkosaan yang dilakukannya. Weinstein selama ini dikenal sebagai seorang sosok besar di industri perfilman Hollywood.

Sebelum putusan pengadilan dibacakan, Harvey Weinstein sempat mengatakan bahwa dirinya sangat menyesali perbuatannya. Lewat sebuah pidato terbata-bata, ia juga menyinggung gerakan #MeToo yang dianggapnya berlebihan.

Baca Juga: Harvey Weinstein Divonis 25 Tahun Penjara Akibat Kasus Pelecehan Seksual

 

"Saya benar-benar bingung. Saya pikir banyak laki-laki kebingungan dengan semua ini. Ribuan perasaan dari laki-laki dan perempuan yang kalah karena proses. Saya khawatir dengan negara ini. Ini bukan atmosfer yang baik bagi Amerika Serikat," ujarnya.

Harvey Weinstein mengaku memiliki 'hubungan serius' dengan kedua pelapornya, Miriam Haley dan Jessica Mann. Haley mengaku pernah dilecehkan secara seksual oleh Weinstein di apartemennya pada 2006 dan mengalami trauma mendalam akibat insiden itu.

"Insiden itu membuatku takut, baik secara mental maupun emosional. Apa yang dia perbuat tidak hanya menghancurkan martabatku sebagai manusia dan perempuan, tapi juga menghancurkan kepercayaan diriku," katanya.

Sementara itu Jessica Mann bersaksi bahwa Harvey Weinstein memerkosanya dan sering melakukan kekerasan dalam hubungannya. Kekerasan itu bahkan memberikan dampak buruk dalam kehidupan Mann sekarang.

"Aku tak tahu bagaimana menjelaskan ketakutan diperkosa oleh seseorang yang memiliki kekuatan. Dampaknya pada psikis sangat terasa. Pemerkosaan tidak hanya meninggalkan ingatan satu kali saja, tapi selamanya," kata Mann.

Setelah persidangan, Harvey Weinstein pun meminta maaf kepada kedua korbannya. Ia menghadiri persidangan dengan bantuan kursi roda karena kondisi kesehatannya yang kian memburuk.

 

Awalnya Harvey Weinstein dituntut hukuman penjara selama 29 tahun. Namun pengacaranya meminta keringanan hukuman karena faktor kesehatan dan usia Weinstein yang sudah tak muda lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini