Share

32 Tahun Slank: Ini Dia, Awal Mula Nama Slank

Raynaldi Wahyu, Jurnalis · Sabtu 26 Desember 2015 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 26 205 1275262 32-tahun-slank-ini-dia-awal-mula-nama-slank-Z3PWGlLQYn.jpg Slank (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sebelum bernama Slank, grup musik papan atas ini bermula dari nama Cikini Stones Complex (CSC) pada 26 Desember 1983. Nama tersebut berarti grup musik yang terdiri dari anak-anak SMA Perguruan Cikini, Jakarta.

CSC terdiri dari Bimo Setiawan (drum), Boy (gitar), Kiki (gitar), Abi (bass), Uti (vokal), dan Well Welly (vokal), yang banyak mengekspresikan kecintaan pada lagu-lagu Rolling Stones. Sayang, grup ini tidak bertahan dan membubarkan diri.

Slank mengalami perubahan personel sampai 14 kali sampai tahun 1996 yang bertahan hingga sekarang. Formasi terakhir yang dimulai dari album ke-7 Slank bertajuk Tujuh, terdiri dari Bimbim (drum), Kaka (vokal), Ivanka (bass), Ridho (gitar), dan Abdee (gitar).

Dari awal berdiri, Slank telah menelurkan 28 album yang lagu-lagunya menjadi hits dan menginspirasi pencinta musik Tanah Air, terutama Slankers (sebutan bagi penggemar Slank-red). Lagu-lagu hits Slank menceritakan banyak tema, mulai dari percintaan, kritik pemerintah, sampai aksi sosial.

Selain memiliki penggemar yang sangat fanatik, Slank juga memiliki Slank Buletin, yang berisi jadwal, kisah-kisah pendek perjalanan tur panggung slank dan sebagainya. Koran Slank diterbitkan pertama kali pada 10 Maret 2002.

Berbagai penghargaan nasional maupun berkancah Internasional juga berhasil diraih Slank. Selain itu, Slank menyandang predikat Indonesia's Highest-Paid Music Star (bintang musik berbayaran termahal) pada tahun 2008 dan 2009 dengan honor Rp 500 Juta per-show.

Namun dibalik kesuksesan dan torehan prestasi Slank, sang gitaris, Abdee Negara mengidap penyakit gagal ginjal yang sudah dideritanya sekira empat tahun lalu. Dan sejak awal tahun 2015, Abdee jarang tampil bersama Slank dalam bebagai acara karena kondisinya yang semakin memburuk.

Di hari ulang tahun Slank ke-32, Abdee juga dikabarkan berhalangan hadir dalam peringatan hari ulang tahun sekaligus perhelatan 'Konser Legenda 32 Tahun Slank'. Abdee berencana melakukan operasi cangkok ginjal pada Januari 2016, dengan dana yang sudah dikumpulkan oleh Slank dari hasil showcase maupun konser mereka.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini