Share

Angkat Quarter Life Crisis Kalangan Gen Z, Film Ranah 3 Warna Siap Tayang 30 Juni 2022

Lintang Tribuana, Okezone · Senin 13 Juni 2022 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 13 206 2610613 angkat-quarter-life-crisis-kalangan-gen-z-film-ranah-3-warna-siap-tayang-30-juni-2022-be804ob1VS.JPEG Film Ranah 3 Warna (Foto: MNC Pictures)

JAKARTA - Tak lama lagi, film bergenre drama berjudul Ranah 3 Warna yang telah lama dinantikan akan segera hadir di bioskop seluruh Indonesia pada tanggal 30 Juni 2022. Film ini merupakan karya dari sutradara Guntur Soeharjanto yang namanya sudah tak asing lagi di industri perfilman Indonesia. Sebelumnya, Ranah 3 Warna diadaptasi dari sebuah novel karya Ahmad Fuadi. Novel ini menceritakan tentang perjuangan lika-liku Alif dalam menjalani hidup serta mewujudkan cita-citanya. Film ini memang sejak dari lama mendapat sambutan antusias dari para penggemar yang telah menunggu lama sejak 2020 lalu karena penayangannya yang tertunda disebabkan oleh pandemi Covid-19 dua tahun belakangan ini.

Kali ini, tak hanya official trailer dan poster yang menjadi cara bagi para penonton untuk membayangkan sedikit jalan cerita yang ada pada film ini. Namun, Original Soundtrack atau OST dari film Ranah 3 Warna juga rilis dengan video klip pada tanggal 9 Juni 2022 melalui kanal YouTube HITS Records. Lagu ini diisi oleh penyanyi muda wanita, Novia Bachmid. Sebelumnya, Indonesian Idol musim ke-10 membuat nama Novia Bachmid dikenal masyarakat luas. OST film yang berjudul ‘Tuhan Ku Tak Sanggup’ dalam video klipnya juga menyelipkan beberapa cuplikan adegan film Ranah 3 Warna. Suara emasnya mampu mengisi lagu ini dengan lirik yang menyentuh dan penuh perasaan hingga mampu membius banyak warganet yang sudah tak sabar menyaksikan film ini, beberapa hari setelah perilisannya.

Ranah 3 Warna

Film ini mengangkat cerita tentang perjuangan Alif Fikri (19 tahun) mendobrak beragam halangan dalam perjuangannya untuk sekolah sampai ke benua Amerika. Walau diremehkan dan dianggap underdog bahkan oleh teman dan orang dekatnya, lalu dihantam berbagai cobaan, dia terus berjuang sampai titik kesabaran terakhir. Dalam perjalanannya, dia kemudian melintasi tiga ‘Ranah’: Indonesia, Timur Tengah dan Kanada.

Diperankan oleh Arbani Yasiz, karakter Alif Fikri, yang adalah anak kampung dari pinggir Danau Maninjau yang ingin mengikuti idolanya, BJ Habibie, belajar dan merantau jauh sampai ujung dunia. Sayangnya, rencananya tidak mulus karena sebagai lulusan pesantren, dia tidak bisa langsung kuliah di perguruan tinggi umum. Dengan perjuangan keras, dia akhirnya bisa kuliah di Bandung dan tidak pernah melupakan cita-citanya bisa ke benua Amerika.

Kesempatan datang ketika dia mencoba mengikuti program Pertukaran Pemuda ke Kanada. Dengan spirit "Underdog Can Win" yang diinspirasi oleh kemenangan tim sepakbola Denmark di Piala Eropa 1992, Alif membakar terus semangatnya untuk membalikkan semua anggapan orang.

Randai (19) yang diperankan Teuku Rassya adalah teman dekat tapi sekaligus pesaing berat Alif. Mereka bersaing dalam dunia akademik sampai dalam dunia cinta. Kompetisi ini membuat hubungan mereka naik turun, tapi selalu membuat mereka berdua berlomba-lomba meningkatkan diri. Sedangkan Raisa (19) yang diperankan Amanda Rawles, adalah teman baik mereka berdua, dan mereka bersaing memperebutkan hati Raisa. Film ini juga didukung oleh beberapa pemain muda serta aktor dan aktris senior, seperti Raim Laode, Risma ‘Neneng’ Wulandari, Sadana Agung, Maudy Koesnaedi, David Chalik, Donny Alamsyah, Tanta Ginting, dan beberapa aktor pendukung lainnya.

Sebelumnya, film Ranah 3 Warna terpilih menjadi opening film dalam Jakarta Film Week 2021. Meski di tengah maraknya film bergenre horror, film ini dinilai mempunyai kualitas dan gaya tutur cerita yang sarat dengan pesan moral. Sementara dari sisi cerita, Ranah 3 Warna mempunyai cerita yang unik dan kaya dengan keberagaman khas Indonesia. Cerita yang terkandung dalam film ini secara tidak langsung merupakan cerminan keresahan perasaan yang secara umum dan seringkali dialami gen Z dan milenial dalam ‘seperempat’ hidupnya atau yang akrab disebut ‘Quarter-Life Crisis’. Film ini mampu memberikan motivasi dan inspirasi positif untuk berjuang dalam menghadapi hidup, karir, masa depan hingga percintaan.

Titan Hermawan, Direktur Utama MNC Pictures – “Film Ranah 3 Warna akhirnya akan rilis pada tanggal 30 Juni 2022. Film ini dapat menjadi pilihan tontonan dengan cerita yang sangat apik dan layak untuk ditonton oleh seluruh rakyat Indonesia, gen Z pada khususnya. Menceritakan sosok anak muda yang punya mimpi besar dan tekad yang teramat kuat, film ini sarat akan pesan moral yang sangat mendalam. Kami harapkan tidak hanya menjadi tontonan tapi juga tuntunan.”

Novia Bachmid, Penyanyi OST Ranah 3 Warna ‘Tuhan Ku Tak Sanggup’ – “Aku merasa sangat bahagia dan bangga dapat berperan untuk menjadi bagian dalam film Ranah 3 Warna. Lagu ini mengandung emosi yang kuat dan menyentuh. Aku harap lagu ini juga dapat menyentuh para pendengarnya.”

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Produksi

MNC PICTURES

Executive Producer

Emilka, Ferry Ardian

Producer

Widya Wardhani Ichram

Creative Producer

Lukman Sardi

Line Producer

Chairul Rizal

Sutradara

Guntur Soeharjanto

Skenario

Alim Sudio

Pemain

Arbani Yasiz sebagai Alif Fikri

Amanda Rawles sebagai Raisa

Teuku Rassya sebagai Randai

Risma Wulandari sebagai Dina

Raim Laode sebagai Rusdi

Sadana Agung Sulistya sebagai Agam

Miqdad Addausy sebagai Memet

Maudy Koesnaedi sebagai Amak Alif

David Chalik sebagai Ayah Alif

Donny Alamsyah sebagai Ust Salman

Tanta Ginting sebagai Bang Togar

Lukman Sardi sebagai Pak Anto

Jordan Haag sebagai Francois Pepin

Tentang MNC Pictures

MNC PICTURES adalah perusahaan Rumah Produksi berbasis pengembangan IP dengan bisnis antara lain production baik live action dan animasi. Adapun content yang dihasilkan MNC PICTURES mencakup film, beragam program drama seri TV, FTV untuk platform TV, digital dan OTT, film bioskop dan original content untuk media Free To Air TV, Pay TV, IPTV, OTT dan Media Sosial. Sebagai content creator drama seri yang selalu mengedepankan konsep program kreatif, MNC PICTURES mampu memproduksi lebih dari 3.500 jam konten per tahun.

Tentang MNC Digital

MNC PICTURES merupakan anak perusahaan dari MNC Digital yang berada di bawah naungan MNC Group. MNC Digital memposisikan diri sebagai perusahaan penyedia konten

terbesar di Asia Tenggara, MNC Digital memiliki lini bisnis pengembangan dan distribusi Intellectual Property atau IP dengan memproduksi program televisi, film, konten digital, animasi, infotainment, reality show, esport & gaming, talent management, MCN management dan advertising agency.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini