Kenang ABK KRI Nanggala 402, Noah Nyanyikan Hymne Wiratama Hiu Kencana

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 06 Juni 2021 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 205 2420994 kenang-abk-kri-nanggala-402-noah-nyanyikan-hymne-wiratama-hiu-kencana-wYlqVV3xwx.jpg Noah (Foto: IG Noah)

JAKARTA - Noah band dan TNI Angkatan Laut (AL) berkolaborasi menyanyikan hymne Wiratama Hiu Kencana. Hal ini dilakukan untuk mengenang 40 hari gugurnya para pahlawan ABK KRI Nanggala-402, seluruh awak kapal tenggelam di laut Bali pada 3 Juni 2021 lalu.

"Kami dengan TNI Angkatan Laut @tni_angkatan_laut dan @musicastudios serta paduan suara Universitas Parahyangan @unparchoir , menyanyikan lagu hymne “Wiratama Hiu Kencana”, hymne ini menjadi kebanggan para pengawak Korps Hiu Kencana, dan merupakan mahakarya Kapten Pelaut Soesanto di kota Surabaya pada hari kamis, 11 Mei 1967," tulis akun resmi Noah band @Noah_site, Minggu (6/6/21).

Baca Juga:

Mencari Cinta, Kolaborasi Manis Noah dan Bunga Citra Lestari

Lihat Ariel NOAH Nyanyi Separuh Aku, Tatapan Luna Maya Jadi Sorotan Netizen

Noah x TNI

Sementara itu Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut, Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono mengatakan, hymne tersebut jadi lagu kebanggaan para Korps Hiu Kencana.

Kemudian hymne ini merupakan mahakarya Kapten Laut Soesanto di Kota Surabaya pada Kamis, 11 Mei 1967. Lalu saat ini diaransemen ulang oleh Noah band dan paduan suara Universitas Parahyangan (UNPAR).

Ia menambahkan, bahwa adanya kolaborasi dan aransemen ulang hymne Wiratama Hiu Kencana ini murni bentuk kemanusiaan. Tanpa adanya niat atau unsur lainnya yang bersifat menguntungkan.

"Kegiatan ini murni bentuk kemanusiaan dari Noah, Musica Studio serta paduan suara UNPAR, tanpa unsur komersial sedikitpun," katanya seperti dikutip dari akun Instagram @tni_angkatan_laut.

Dalam video klip yang disiarkan di laman YouTube TNI Angkatan Laut, tampak Ariel, Lukman dan David mengenakan pakaian serba hitam mendatangi studio rekaman bersama Laksma TNI Julius Widjojono dan jajarannya.

Ketiganya bahkan diberi baret dan seragam awak kapal selam.

Suara khas Ariel Noah melatarbelakangi potongan-potongan klip memori KRI Nanggala 402 menciptakan suasana terenyuh mendalam.

TNI AL sendiri telah memutuskan untuk mengakhiri operasi evakuasi kapal selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali.

KRI Nanggala-402 mengalami hilang kontak di Perairan Bali pada 21 April 2021 dan dinyatakan tenggelam beberapa hari kemudian. Saat itu, KRI Nanggala-402 dijadwalkan melaksanakan latihan penembakan torpedo. Latihan tersebut merupakan bagian dari pembinaan kesiapan operasional prajurit dan satuan. Sebanyak 53 kru kapal gugur.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini