Kembali Dibuka, Pengelola Bioskop Beri Jarak Kursi Penonton

Lintang Tribuana, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 206 2243212 kembali-dibuka-pengelola-bioskop-beri-jarak-kursi-penonton-jbCjyHt8bJ.jpg Ilustrasi bioskop. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Gabungan Pengelola Bioskop di Seluruh Indonesia (GPBSI) mengumumkan bahwa jaringan bioskop di Tanah Air akan kembali beroperasi pada 29 Juli 2020.

Pengelola bioskop sepakat untuk menyiapkan protokol kesehatan menjelang pembukaan bioskop di fase New Normal. Salah satunya, pengaturan jarak kursi penonton guna mencegah penularan Covid-19.

"Pasti kasih jarak (kursi penonton) kesepakatanya, Pemerintah kan minta 50 persen (pengunjung)," kata Ketua GPBSI Djoni Syafruddin saat dihubungi Okezone, Rabu (7/6/2020).

Meski begitu, Djoni belum mengetahui teknis jarak kursinya seperti apa. Menurutnya, hal ini baru akan didiskusikan pada 10 Juli mendatang bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Ilustrasi bioskop. (Foto: Asiaone)

Baca juga:

Dibuka Serentak 29 Juli, Ini 3 Persiapan Pengusaha Bioskop

Bioskop Kembali Dibuka, Joko Anwar: Langkah yang Harus Dilakukan

Saat ini, Djoni baru bisa memastikan perihal protokol kesehatan dasar untuk karyawan bioskop. Sebab, merekalah yang akan selalu berhadapan dengan para pengunjung.

"Terutama karyawan yang berhadapan langsung (dengan pengunjung) itu kita kasih masker dan juga ada pelindung lainnya," ujar Djoni.

Pihak bioskop pun menetapkan aturan ketat untuk para pengunjung. Mulai dari penggunaan masker, jarak antrean satu meter, tempat mencuci tangan, penyediaan hand sanitizer, hingga pengecekan suhu tubuh.

Rencana pembukaan kembali bioskop pada 29 Juli 2020 merupakan kesepakatan yang diumumkan oleh GPBSI. Asosiasi ini menaungi Cinema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum, dan New Star Cineplex.

Kesepakatan itu diambil berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 serta Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 02/KB/2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini