Bioskop di Malang Siap Beroperasi Besok, Ini Syaratnya

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 15 September 2021 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 206 2471959 bioskop-di-malang-siap-beroperasi-besok-ini-syaratnya-CM6m7ovKQb.JPG Bioskop di Malang (Foto: Avirista/MPI)

MALANG - Sejumlah bioskop di Kota Malang bakal diizinkan beroperasi kendati tengah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan, bakal mengizinkan bioskop beroperasi dengan persyaratan ketat. "Bioskop sudah bisa beroperasi, tentu dengan syarat menggunakan aplikasi peduli lindungi," kata Sutiaji ditemui di Balai Kota Malang, pada Rabu (15/9/2021).

Baca Juga:

Bioskop di Tangerang Telah Dibuka, Anak di Bawah 12 Tahun Dilarang Masuk

Bioskop di Tangerang Boleh Dibuka, Berikut 7 Syarat yang Harus Dipatuhi

Bioskop di Malang


Menurutnya, tidak ada syarat khusus lagi bagi bioskop untuk membuka operasionalnya. Mengingat sebelum PPKM darurat dan level 4 diberlakukan, bioskop di Malang juga sempat beroperasi. Namun kembali tutup pasca melonjaknya kasus Covid-19 di Malang raya.

"Kapasitas 50 persen, nggak boleh makan dan minum di dalam bioskop. Intinya sama dengan sebelumnya, yang penting menggunakan peduli lindungi," tuturnya.

Di sisi lain, Pengelola Movimax Kota Malang Rulya Febrina menyatakan, seluruh fasilitas penunjang untuk membuka operasional bioskop telah disiapkan. Fasilitas mulai pintu masuk hingga saat berada di ruang bioskop telah siap 100 persen.

"Tinggal kesadaran pengunjung menyiapkan aplikasi peduli. Kami juga sudah vaksin semua untuk karyawan," kata Rulya.

Dengan segala kesiapan tersebut, bioskop di Malang juga bakal membuka operasional serempak seiring pembukaan bioskop - bioskop di Indonesia. Rencananya seluruh pengelola bioskop yang tergabung dalam Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) akan membuka operasional bioskop serentak pada 16 September 2021 mendatang.

"Seluruh bioskop yang ada di Indonesia memang kami serentak buka 16 September besok. SE-nya hampir sama, kapasitas 50 persen dengan ketentuan scan barcode peduli lindungi dan prokes, seperti saat kita buka di PPKM berlapis-lapis itu," bebernya.

Ia berharap pembukaan bioskop juga diiringi dengan percepatan vaksinasi Covid-19 di masyarakat. Mengingat saat ini proses vaksinasi Covid-19 di Malang yang belum mencapai 70 persen.

"Kami berharap masyarakat bisa tervaksin semua, sehingga kehidupan kita bisa beroperasi tanpa menutup kembali masalah perbisnisan bidang pariwisata ini. Karena wisata di Kota Malang lagi rapuh. Semoga semua bisa pulih kembali," pungkasnya.

Sebagai informasi sejumlah pusat perbelanjaan di Malang raya yakni Kota Malang dan Kota Batu mulai diizinkan buka pada 31 Agustus 2021 lalu. Penurunan PPKM ke level tiga membuat mal mendapat kelonggaran buka dengan persyaratan hanya diisi 50 persen dari kapasitas maksimal. Selain itu, persyaratan menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 dengan aplikasi peduli lindungi juga menjadi hal utama.

PPKM di Malang raya sendiri telah turun level ke level 3 dari sebelumnya level 4. Penurunan level ini seiring mulai menurunnya kasus Covid-19 di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, sejak 31 Agustus 2021 lalu. Penurunan level PPKM membuat sejumlah pembatasan diberi kelonggaran, mulai pembukaan sekolah tatap muka, pembukaan mal, dan kelonggaran makan di tempat bagi sejumlah rumah makan, warung dan kafe.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini