Pekerja Industri Film Indonesia Sambut Positif New Normal

Lintang Tribuana, Jurnalis · Jum'at 05 Juni 2020 08:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 05 206 2224851 pekerja-industri-film-indonesia-sambut-positif-new-normal-zy85GPnmxU.jpg Chand Parwez, Ketua Badan Perfilman Indonesia (Foto: IG Chand Parwez)

JAKARTA - Industri film Indonesia menjadi salah satu yang paling terdampak akibat pandemi COVID-19. Adanya kebijakan new normal, yakni kembali produktif sesuai dengan protokol keselamatan tentunya disambut positif oleh para pekerja industri film.

"Iya (new normal disambut positif). Karena kita tahu bahwa orang kreatif itu harus berkompromi dengan berbagai keadaan tapi tentunya kita akan mengedepankan keselamatan," kata Chand Parwez, produser sekaligus Ketua Umum Badan Perfilman Indonesia (BPI).

Baca Juga:

New Normal, BPI Ajukan Draft Protokol Produksi Film ke Kemenparekraf

Arya Tedja Ungkap Syarat Agar Syuting Film Bisa Berlanjut saat New Normal

Chand Parwez


Menurutnya, produksi film harus tetap berjalan mengingat banyaknya tenaga kerja yang kehilangan penghasilan setelah dilanda pandemi corona. Sehingga adanya new normal setidaknya menjadi harapan baru bagi mereka.

"(Produksi film) harus tetap berjalan, karena kalau tidak repot juga. Udah berapa banyak tenaga kerja di bidang perfilman yang kena dampak dari ini," tuturnya.

Tak hanya asal berjalan, Chand Parwez menegaskan bahwa new normal di industri perfilman juga akan didukung protokol keselamatan dan kesehatan bagi para pekerjanya. BPI sendiri telah mengajukan draft protokol produksi film kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparkraf).

Namun, tak bisa dipungkiri bahwa berjalannya protokol ini akan membawa perubahan dalam dunia perfilman. Banyaknya persiapan demi menjaga keselamatan pekerja berdampak pula pada meningkatnya biaya produksi.

"Pasti biaya produksi kita akan meningkat, karena protokolnya menjadi lebih banyak yang menyangkut masalah kebersihan, sanitasi, dan lain-lain," pungkas Chand Parwez.

Baca Juga:

Kevin Aprilio Bikin Heboh Netizen, Pamer "2 Istri" di Media Sosial

Hot Gosip: Kevin Aprilio Pamer 2 Istri hingga Syahrini vs Haters

Chand Parwez, Foto: IG Chand Parwez

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini