nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kata Kritikus Film soal Pembentukan Jagat Sinema Bumi Langit

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Minggu 25 Agustus 2019 20:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 25 206 2096440 kata-kritikus-film-soal-pembentukan-jagat-sinema-bumi-langit-Fo6tcixAax.jpeg Jagat Sinema Bumi Langit (Foto: Bumi Langit)

JAKARTA - Jagat Sinema Bumi Langit menjadi proyek besar bagi Screenplay bersama Bumi Langit Studios untuk membentuk sebuah waralaba pahlawan super di Indonesia. Hal tersebut bahkan dikatakan bakal mirip dengan Marvel Cinematic Universe dan DC.

Hikmat Darmawan selaku kritikus film dan komik, yang juga merupakan Dewan Kesenian Jakarta, Komite Film ini mengaku sudah menyangka bahwa pihak Jagat Sinema Bumi Langit akan menjadikan 1000 karakter lebih pahlawan Indonesia yang dalam sebuah kesatuan. Apalagi dirinya telah melihat langsung kesuksesan dari Marvel dan DC Universe.

Film Gundala

Baca Juga:

Selain Gundala, Ini Film di Jagat Sinematik Bumi Langit Studios

Jika Bukan Abimana Aryasatya, Aktor Ini Cocok Perankan Gundala

"Tren universe jadi satu itukan tahun 2000-an, terutama setelah sukses Marvel dan DC dan itukan sejarahnya panjang ya dari tahun 80-an DC Comics bikin crisis on infinite earth yang secara nyaman menjadi wahana yang tepat untuk merangkum banyak properti milik mereka yang tersebar," ujar Hikmat Darmawan sekaligus kritikus film dan komik dalam akun Youtube Channel, Play Stop Rewatch.

"Marvel dan DC menjadi besar karena mengakui properti atau karakter dari penerbitan kecil sejak 40 sampai 60," sambungnya.

Soal Jagat Sinema Bumi Langit, Hikmat Darmawan pun nampaknya cukup mengetahui bagaimana Bumi Langit bisa terbentuk. Bahkan ia mengungkap bahwa kolektor komik senior, Iwan Gunawan, pernah menggelar pameran di komik lawas Indonesia dan akhirnya mempertemukan banyaknya kolektor komik di Indonesia.

Pameran komik tersebut rupanya membuat, Andy Wijaya, yang juga merupakan salah satu kolektor komik, membentuk Bumi Langit. Hal tersebut ia lakukan agar komik di Indonesia bangkit kembali.

Baca Juga:

Ganti Model Rambut, Dul Disebut Lebih Cantik dari Maia Estianty

Nikita Mirzani Silangkan Kakinya di Paha Jeremy Thomas, Netizen Kepanasan


"Andy Wijaya kemudian memilih jalannya sendiri, dia merasa bahwa sebagai kolektor tidak cukup. Dia harus juga memproduksi juga melakukan sesuatu agar komik Indonesia bangkit lagi. Kemudian dibangunlah BumiLangit. Salah satunya adalah dengan telaten mengumpulkan komikus-komikus lama Indonesia," paparnya.

"Dia memikirkan nasib seperti harus ada penghargaan untuk mereka (komikus), akhirnya diciptakan skema pembuatan penerbitan. Waktu itu meraba-raba, nerbitin Mahabarata edisi lux, sekaligus merestorasi komik lama," jelasnya.

1
2
BERITA FOTO
+ 7

Sah! Cut Meyriska Jadi Istri Roger Danuarta

Roger duduk di hadapan penghulu bersiap untuk akad nikah. (Foto: Instagram @dierabachir)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini