nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Petisi Online Boikot Film Kucumbu Tubuh Indahku, KPI: Bukan Ranah Kami

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Kamis 25 April 2019 13:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 25 206 2047888 soal-petisi-online-boikot-film-kucumbu-tubuh-indahku-kpi-bukan-ranah-kami-YhRUoBS69V.jpg Poster Film Kucumbu Tubuh Indahku

JAKARTA - Film Kucumbu Tubuh Indahku mendapatkan petisi online agar diboikot penayangannya. Beredar sebuah petisi di Chane.org meminta agar Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memboikot penayangan film karya Garin Nugroho tersebut.

Sampai berita ini diturunkan, petisi tersebut sudah ditandatangani oleh sekira 68 ribu. Namun sayangnya petisi tersebut salah sasaran karena KPI bukan lembaga yang berwenang untuk menghentikan penayangan film di bioskop.

Okezone pun mencoba menghubungi pihak KPI soal petisi online ini. Nuning Rodiah selaku Komisioner KPI Pusat menjelaskan bahwa ranah bioskop bukan ranah mereka.

Baca Juga: Beredar Petisi Online Boikot Film Kucumbu Tubuh Indahku

"Bukan ranah KPI jika penayangannya di bioskop," kata Nuning lewat pesan singkat.

Nuning juga menjelaskan bahwa KPI akan mengambil sikap tegas jika memang keresahan masyarakat hadir dalam konten-konten di televisi dan radio. Selama ranahnya tidak di televisi dan radio, KPI tidak bertanggung jawab atas pengawasan penayangannya.

"Terkait film tersebut, apabila tampil di televisi tentu akan menjadi materi pengawasan KPI," tambahnya.

Nuning memastikan bahwa konten berbau LGBT tidak akan ditampilkan ke dalam televisi dan radio. Dengan kata lain, film Kucumbu Tubuh Indahku sah-sah saja tayang di bioskop karena sudah melewati proses sensor dari Lembaga Sensor Film.

 

"Namun apabila konten film tersebut terdapat adegan atau konten ceritanya mendorong dan mempromote perilaku LG T maka tentu tidak dibolehkan tayang di TV," tutupnya.

(edh)

BERITA FOTO
+ 10

MNC Pictures Gelar Syukuran Syuting Perdana Film Mahasiswi Baru

Direktur MNC Pictures Valencia Tanoesoedibjo bersama sutradara dan para pemain film Mahasiswi Baru usai melakukan doa dan syukuran.

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini