nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beredar Petisi Online Boikot Film Kucumbu Tubuh Indahku

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Kamis 25 April 2019 10:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 25 206 2047805 beredar-petisi-online-boikot-film-kucumbu-tubuh-indahku-Omm9uV8eiX.jpg Poster Film Kucumbu Tubuh Indahku

JAKARTA - Respons terhadap film Kucumbu Tubuh Indahku di bioskop-bioskop Indonesia rupanya tak seperti saat mereka tayang di berbagai festival di luar negeri. Alih-alih mendapatkan pujian, film garapan Garin Nugroho ini justru mendapat kecaman hingga petisi online pemboikotan.

Petisi online di Change.org itu berasal dari akun bernama Budi Robantoro. Hingga berita ini diturunkan sudah ada sekira 68 ribu orang yang telah menandatangani petisi berjudul "Gawat! Indonesia sudah memproduksi film LGBT dengan judul Kucumbu Tubuh Indahku" tersebut.

Masalah LGBT memang menjadi sorotan utama Budi dkk dalam pemboikotan ini. Kucumbu Tubuh Indahku yang menampilkan peleburan maskulin dan feminin dalam tubuh karakter utamanya dianggap mengangkat budaya LGBT secara berlebihan.

Baca Juga: Kucumbu Tubuh Indahku, Film Garin Nugroho tentang Metafora Tubuh

Sayagnya, petisi online dari Budi ini ditujukan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Seperti diketahui, KPI hanya memiliki kewenangan dalam membatasi konten-konten dalam penyiaran di radio dan televisi. Sementara itu medium penayangan Kucumbu Tubuh Indahku justru adalah layar lebar.

Pun jika petisi ini ditujukan kepada pihak yang lebih berwenang, misalnya Lembaga Sensor Film (LSF), Kucumbu Tubuh Indahku tidak akan bisa tayang di bioskop jika tak mengantongi izin dari lembaga tersebut. Film dari Fourcolor ini mendapatkan izin tayang dengan sensor 17 tahun ke atas.

Serangan terhadap Kucumbu Tubuh Indahku juga terlihat di kolom komentar video trailernya di akun Fourcolor. Beberapa netizen mengecam film ini karena dianggap terlalu mengangkat kaum LGBT.

 

Sejauh ini Kucumbu Tubuh Indahku juga hanya mendapat sedikit layar di bioskop-bioskop Indonesia. Sekadar informasi, untuk di daerah Jakarta saja, film ini hanya ditayangkan di tiga bioskop. Kucumbu Tubuh Indahku bahkan berpeluang lenyap dari peredaran mengingat hadirnya film Avengers: Endgame pada akhir pekan ini.

(edh)

BERITA FOTO
+ 7

35 Tahun Berkarya, Garin Nugroho Persembahkan Film Setan Jawa

Sutradara Garin Nugroho usai konferensi pers di Jakarta, Senin (22/8/2016). Merayakan 35 tahun berkarya di industri film, Garin Nugroho bersama Bakti Budaya Djarum Foundation mempersembahkan sebuah film bisu hitam putih yang pertama berjudul ?Setan jawa? yang mengangkat mitologi jawa dengan iringan orkestra musik gamelan. dan akan diputar perdana tanggal 3-4 September 2016 di Gedung Teater Jakarta.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini