Dibanding Diet Ekstrim, Iyeth Bustami Lebih Pilih Sehat

Rena Pangesti, Jurnalis · Rabu 03 Oktober 2018 07:36 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 03 33 1958882 dibanding-diet-ekstrim-iyeth-bustami-lebih-pilih-sehat-p9ljUPZygQ.jpg Iyeth Bustami (Foto: Instagram)

JAKARTA – Sehat itu mahal harganya. Begitulah kira–kira yang sedang dirasakan oleh penyanyi legendaris, Iyeth Bustami. Sempat merasakan sakit yang luar biasa di lambung akibat diet ekstrim, kini pelantun lagu Laksmana Raja di Laut itu lebih memilih mengutamakan kesehatan.

Baca Juga: Jaga Pocong Jadi Film Horor Perdana Acha Septriasa

Pengalaman Iyeth Bustami saat jatuh sakit mengharuskan wanita 44 tahun itu dirawat secara intensif pada awal 2017 lalu. Iyeth didiagnosa menderita penyakit lambung gerd, yaitu sakit pada ulu hati hingga asam pada lambung naik ke atas dan menyebabkan sesak pada jantung.

“Awalnya diet, jadi kalau pagi hanya minum kopi terus siang baru makan nasi. Kalau malam enggak teratur, kadang makan tapi sering juga langsung tidur. Nah pola yang seperti itu justru tidak baik,”ujar Iyeth yang ditemui di kawasan TMII, Jakarta Selatan pada Selasa (2/9/2018).

“Aku langsung terasa sesak, sampai kupikir penyakit jantung. Tapi ini memang murni disebabkan dari pola makan yang berantakan,”imbuh Iyeth.

Tidak ingin penyakitnya kembali terulang, wanita keturunan Melayu itu lebih memperhatikan diri dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Meskipun hal tersebut berdampak pada perubahan penampilan Iyeth Biustami.

“Lihat aja sekarang lebih gendut. Tapi kalau sehat, hajar aja. Toh kalau sakit kita juga yang repot,”papar Iyeth.

Mengonsumsi makanan yang teratur, kini Iyeth harus mendisiplinkan diri. Dimana bentuk dukungan sang suami adalah memberikan apa yang dibutuhkan oleh sang istri.

“Kalau pagi sarapannya shake, terus pas siang aku makan nasi sama lauknya yang ramai. Masuk di malam, aku sugesti diri aku untuk menolak makanan. Awalnya susah, tapi sekarang mah biasa aja,” ujar Iyeth.

Selain disipin terhadap makanan, Iyeth juga berusaha betul untuk konsisten dengan olahraga. Meski dirasa waktunya terbilang padat, Iyeth pun berusaha untuk komitmen.

Baca Juga: Atlet Paralayang yang Hilang di Palu Ternyata Saudara Marcelino Lefrandt

“Olahraga itu ya kalau datang malasnya, ampun deh. Aku lebih suka renang atau olahraga kecil seperti berjalan. Itu dibutuhkan untuk pernafasan. Karena sebagai penyanyi, teknik vokal itu penting adanya,”jelas Iyeth.

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini