Bangkitkan Spirit Toleransi, Film Karya Lola Amaria Disambut Warga Bangkok

Alan Pamungkas, Jurnalis · Senin 30 Juli 2018 22:24 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 30 206 1929423 bangkitkan-spirit-toleransi-film-karya-lola-amaria-disambut-warga-bangkok-No4NSazi6c.jpg Lola Amaria (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lola Amaria telah mengeluarkan karya terbarunya berjudul Lima. Setelah tayang di Tanah Air, Lola pun membawa film ini ke luar negeri untuk bisa disaksikan mayarakat dunia. Akhir pekan lalu, film Lima berhasil tayang di Bangkok, Thailand.

Memutarkan film Lima, Lola Amaria optimis bisa membangkitkan semangat toleransi dan kebersamaan di tengah perbedaan. Keinginan Lola Amaria pun terwujud, kerena pemutaran film Lima mendapatkan antusias dari kalangan pelajar, mahasiswa dan penonton lainnya.

“Saat mendapat kesempatan untuk memutar film Lima di Bangkok, saya langsung mengiyakan. Buat saya, ini kesempatan sangat baik untuk membangkitkan kembali semangat kebangsaan dan nasionalisme kepada warga Indonesia yang ada diluar negeri,” ucap Lola Amaria.

Lola Amaria Mediasi dengan Lembaga Sensor Film tentang Film LIMA

(Baca Juga: Ikut Color Run, Sandra Dewi: Yang Penting Foto-Foto)

(Baca Juga: Tak Dikenal Tetangga, Pemain Mission: Impossible Ini Hampir Ditangkap Polisi di Rumah Sendiri)

"Dan melihat respon yang luar biasa dari WNI disana serta warga Thailand yang ingin tahu betul tentang keberagaman dan toleransi di Indonesia, saya benar-benar bahagia sekali,” jelas Lola yang menjadi salah satu sutradara film Lima.

Lima sendiri bertema Pancasila. Usai menonton, Lola dan segenap penonton berdiskusi soal keberagaman. Lola menjelaskan toleransi yang berada di Indonesia.

"Kita diskusi mengupas tentang isi dalam film Lima. Kita bicara soal ideologi Pancasila yang begitu kuat. Spirit kebangsaan dalam setiap jiwa warga Indonesia. Jangan sampai idelogi Pancasila yang sudah begitu kuat, baik dan indah ini jangan disalahgunakan, bahkan dirusak oleh ideologi lainnya. Saya bangga di kesempatan itu, bisa mengkampanyekan secara langsung, begitu hebatnya Indonesia dengan Pancasila nya. Spirit kebangsaan WNI yang ada diluar negeri pun bangkit kembali,” kata Lola.

 Lola Amaria

Pemutaran ini pun sedikit mendapatkan kendala. Ada segelintir kelompok yang berusaha memprovokasi agar Lola Amaria tidak menanyangkan Lima.

“Iya, ada sedikit gangguan atau provokasi dari segelintir orang yang tidak senang dengan pemutaran film Lima di Bangkok. Buat saya aneh saja, mereka belum menonton sudah melempar isu-isu tidak baik tentang film ini. Bahkan berusaha melarang pemutarannya. Sangat disayangkan,” tutup Lola.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini