Share

Pennywise VS Joker, Hayo Badut Mana yang Lebih Mengintimidasi Penonton?

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Senin 11 September 2017 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 10 206 1773208 pennywise-vs-joker-hayo-badut-mana-yang-lebih-mengintimidasi-penonton-GOg9tOMh9j.jpg Pennywise VS Joker (Foto: People)

LOS ANGELES – Kehadiran film It disambut antusiasme tinggi dari para moviegoers di seluruh dunia. Diangkat dari novel seram milik Stephen King, banyak orang mengaku penasaran melihat badut Pennywise yang ada di dalam ceritanya.

- Baca Juga: Asyik, Warner Bros Berencana Kembangkan Film Solo Joker

Berbicara mengenai badut, ada dua sosok badut jahat menyeramkan yang biasa mengintimidasi para pencinta layar lebar, Pennywise dan Joker.

Keduanya merupakan tokoh fiksi yang berhasil mengambil hati penonton bukan dari melucu seperti badut di dunia nyata. Keduanya sama-sama memberikan terror menakutkan di dalam film dan menjadi musuh yang harus dihentikan.

Pujian patut diberikan kepada Bill Skarsgard yang dinilai mampu menghidupkan Pennywise ke tingkat yang paling atas. Meski wajahnya dipenuhi make-up dan pakaian badut, sosok menakutkan masih sangat terasa nyata ketika Pennywise muncul di layar.

Bill mengingatkan kita pada sosok Joker yang diperankan oleh Heath Ledger dalam film The Dark Knight. Lantas siapa yang lebih mengintimidasi dari keduanya?

“Kupikir perbedaan terbesar antara Pennywise dan Joker – atau setidaknya interpretasi Heath Ledger- adalah bahwa dirinya terasa jauh lebih nyata dalam kenyataan,” kata Skarsgard seperti dilansir People, Minggu (10/9/2017).

“Joker adalah semacam orang gila, anarkis, dan aku tidak berpikir bahwa Pennywise sama sepertinya dalam hal itu. Pennywise bahkan bukan manusia, dia sepenuhnya adalah iblis,” lanjut Skarsgard.

Pennywise pertama kali diperkenalkan ke publik melalui serial TV pada tahun 1990 saat masih diperankan oleh Tim Curry. Sama seperti di dalam ceritanya, entah kebetulan atau tidak, Pennywise muncul lagi dalam kurun waktu 27 tahun kemudian atau pada tahun ini.

Perbedaannya adalah Joker milik Heath Ledger sudah terbukti kualitasnya dengan memperoleh Piala Oscar. Sampai saat ini masih banyak orang yang setuju bahwa Joker terbaik sepanjang masa masih dipegang oleh Ledger, seorang Jared Leto pun tak mampu mengintreprestasikan Joker seperti Ledger.

Dalam pengerjaan filmnya, Skarsgard mengaku sangat kesulitan menemukan cara untuk membuat takut orang dengan karakter badut penari Pennywise.

“Ketika aku mengambil peran ini aku merasa seperti, ‘Apa hal paling mengerikan yang bisa terjadi di sini?’ dan kemudian aku akan melakukan hal itu. Anda perlu mengakses bagian-bagian dari diri Anda di mana Anda memikirkan apa hal yang paling mengganggu atau mengerikan dan kemudian harus berkomitmen untuk melakukan hal itu,” jelasnya.

- Baca Juga: Banyak Anak Hilang, Teror Pennywise Makin Mencekam di Trailer Baru IT

Uniknya, Skarsgard bahkan mengalami mimipi buruk selama beberapa minggu setelah menyelesaikan proses syuting film It. Sosok Pennywise yang sukses menakuti orang lain juga masuk ke dalam dunia tidurnya selama beberapa saat.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini