nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Movie Review: Pennywise Sang Badut Penar di Film IT

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Senin 11 September 2017 04:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 08 206 1771999 movie-review-pennywise-sang-badut-penar-di-film-it-yVOP3WTLQy.jpg IT (Foto: Vanity Fair)

JAKARTA – Badut adalah sosok lucu nan menggemaskan yang biasanya disukai oleh anak-anak. Dengan riasan dan beberapa aksesoris lain, badut selalu menjadi teman anak-anak kecil terutama di sebuah pesta ulang tahun.

Sosok badut seperti demikian ternyata tak bisa ditemukan dalam film horror-thriller terbaru berjudul It. Pennywise, si badut penari justru menjadi badut menakutkan yang menebar terror kepada anak-anak.

- Baca Juga: Yuk Kenalan dengan 3 Karakter Penting di Film Horor IT

Dikisahkan di kota Derry, hidup begitu banyak orang. Kota tersebut kabarnya telah dikutuk sehingga setiap 27 tahun sekali selalu ada anak kecil yang menghilang. Pihak kepolisian setempat pun sampai angkat tangan karena tak pernah mampu menemukan korban-korban penculikan anak.

Singkat cerita, Bill (Jaeden Lieberher) juga merasakan kesedihan mendalam ketika adik semata wayangnya Georgie (Jackson Robert Scott) hilang saat bermain perahu di kala hujan. Tak hanya Georgie, satu per satu anak kecil di kota Derry juga menghilang tanpa sepengatahuan orangtuanya.

Bill dan teman-temannya yang menyatakan diri sebagai Tim Pecundang pun merasakan kecurigaan terhadap fenomena anak hilang di kota mereka tinggal.

Tim Pecundang ini beranggotakan Bill, Ben (Jeremy Ray Taylor), Beverly (Sophia Lillis), Richie (Finn Wolfhard), Mike (Chosen Jacobs), Eddie (Jack Dylan Grazer), dan Stanley (Wyatt Oleff). Ironis ketika melihat tujuh anak kecil justru menghabiskan waktu musim panasnya untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam kota sampai banyak anak kecil menghilang.

Seperti yang sudah diperlihatkan di dalam trailer, Pennywise (Bill Skarsgard) si badut penari adalah biang dari segala kekacauan di dalam kota. Ia tinggal di dalam terowongan air yang terhubung ke semua penjuru kota sehingga memudahkan dirinya menculik anak-anak. Sebenarnya Pennywise hanya akan menculik anak yang memiliki rasa takut, apalagi jika rasa takut tersebut diperuntukkan baginya.

It menawarkan sebuah pengalaman menonton film horror yang menarik. Bagaimana pun, film garapan Andy Muschietti ini berhasil menakut-nakuti para penonton tanpa harus menggunakan sosok hantu seperti film horror lainnya. It dengan mudah menakut-nakuti penonton dengan sosok badut, yang di kehidupan nyata justru adalah penghibur manusia.

Dari segi visual, It juga patut diacungi jempol. Efek-efek CGI di dalamnya terlihat sangat halus. Transformasi dari satu bentuk ke bentuk monster terbilang baik dan tidak berlebihan. Proses transformasi ini sangat vital mengingat banyak adegan yang memang membutuhkan efek CGI dan visual yang baik di dalamnya.

Dilihat dari segi musikal, It juga ada dalam posisi yang aman. Mereka tidak menggunakan musik-musik seram atau menegangkan untuk membuat penonton terkejut. Mereka memiliki cara tersendiri utnuk membuat penonton seketika menjerit atau bahkan harus menutup mata di tengah film.

Secara keseluruhan, It sangat layak jika dinobatkan sebagai salah satu film yang paling dinantikan di tahun 2017. Semua unsur di dalamnya menarik, termasuk drama-drama yang dihadirkan di dalam cerita melalui aktor-aktor cilik ini.

- Baca Juga: Sukses Ciptakan Rasa Takut di Lokasi IT, Bill Skarsgard Khawatir Lawan Main Trauma

Salah satu kekuatan lain dari It adalah kekayaan karakter yang dimilikinya. Setiap anak dalam film ini memiliki karakter tersendiri yang berbeda-beda satu sama lainnya, sehingga menambah keseruan di setiap adegan yang dijalani.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini