Share

Ayah Ben Kasyafani Sudah Setahun Sakit Gagal Ginjal

Nurul Amanah, Okezone · Rabu 30 November 2022 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 33 2717725 ayah-ben-kasyafani-sudah-setahun-sakit-gagal-ginjal-8RcZQPpitR.JPG Ben Kasyafani (Foto: MPI)

BANTEN - Ben Kasyafani tengah berduka karena ayahandanya, Ashar Budiman meninggal dunia di Rumah Sakit Pondok Indah, Bintaro,Tangerang Selatan, pada Selasa 29 November 2022 sekira pukul 20.25 malam.

Ashar Budiman menghembuskan nafas terakhir usai berjuang melawan penyakit gagal ginjal yang dideritanya selama satu tahun terakhir ini dan sudah rutin menjalani proses cuci darah.

"Beliau berpulang karena setahun terakhir ini mengidap gagal ginjal. jadi sejak setahun terakhir memang sudah proses cuci darah seminggu 3 kali,"ungkap Ben Kasyafani saat dijumpai di rumah duka di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (30/11/2022).

Ashar Budiman dan Ben Kasyafani

Ben Kasyafani juga sempat mengungkap bahwa beberapa hari terakhir sebelum berpulang, ayahnya sempat mengalami stroke.

"Pas persis setahun ini kondisinya sudah mulai melemah, bapak sudah lelah menjalani proses treatmentnya. Terakhir mulai resistensi sama tensi akhirnya stroke, pendarahan di otak,"ujar Ben.

Saat ayahnya mengalami stroke, posisi Ben sedang berada di luar kota untuk menjalani syuting. Sejak saat itu, ayahnya tak bisa diajak berkomunikasi lagi.

"Kebetulan senin saya lagi syuting di luar kota dikabarin dari rumah sini kalau bapak stroke, bawa ke rumah sakit. sejak itu sampai berpulang gak sempet sadar lagi.

Berbagai macam upaya telah dilakukan, salah satunya dengan memompa jantung ayahnya yang sempat berhenti berdetak.

"Waktu sore sempet saya tinggal dari rumah sakit, jantungnya sempet berhenti sempet dipaksa, dipompa lah supaya bisa muncul lagi tapi proses untuk pompanya itu menurut kita kasian bapak takut ada kenapa-napa. Akhirnya kita ikuti prosesnya sampai bapak berpulang,"jelas Ben.

Follow Berita Okezone di Google News

Sambil menahan tangi, Ben mengungkapkan bahwa dirinya dan ibundanya berada di samping ayahnya ketika ayahnya menghembuskan nafas terakhir. Ia melihat dengan khusyu momen tersebut.

"Iya ada (di samping ayahnya). Ibu menyaksikan sampai menghembuskan nafas terakhirnya. Kita pas bapak berpulang itu kita sampe ngelihatnya khusyu banget lah karena semua keluarga kumpul bahkan ada yang di luar negeri sempet video call,"pungkasnya.

Meski tak dapat merespon apapun, Ben melihat air mata ayahnya yang sempat menetes sebelum beliau berpulang.

"Bapak udah gak bisa komunikasi sama sekali,tapi respon keluar air mata bahkan sampai akhir. Pas mau pulang bapak terdiam ngeluarin air mata juga, bisa dengerin,"tandasnya.

Dari rumah duka, rencananya jenazah mendiang ayah Ben Kasyafani dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Bintaro, hari ini, Rabu (30/11/2022) sekitar pukul 13.00 atau 14.00 WIB

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini