Share

Piknik Pesona Buka Jogja-Netpac Asian Film Festival ke-17

Ravie Wardani, MNC Portal · Senin 28 November 2022 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 206 2716185 piknik-pesona-buka-jogja-netpac-asian-film-festival-ke-17-Yl4FZ23NLy.jpg Piknik Pesona (Foto: Vision+)

JAKARTA - Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) edisi ke-17, resmi dibuka. Ajang ini juga diisi dengan penayangan film Piknik Pesona, antologi 10 film pendek berlatar 10 kota, hingga karya 10 sutradara muda Indonesia, hasil produksi Vision Pictures dan Palari Films.

Adapun pemutaran film dilakukan secara serentak di lima studio Empire XXI Yogyakarta, yang menjadi venue utama festival.

Dalam perhelatannya tahun ini, JAFF menghadirkan 137 film dari 19 negara Asia Pasifik yang akan ditayangkan dalam program kompetisi dan non-kompetisi.

Piknik Pesona

Malam pembukaan JAFF17 sendiri berlangsung di halaman Empire XXI Yogyakarta di mana para undangan dihibur dengan penampilan Neo Collective.

Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X, turut memberikan dukungannya melalui video singkat yang ditayangkan di panggung JAFF17.

Dalam kesempatan itu, ia juga membacakan sambutan yang ditulis oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sultan Hamengkubuwono X.

"JAFF telah menjadi ruang yang tak terpisahkan dengan dinamika masyarakat Jogja," ungkap KGPAA Paku Alam X dalam sambutannya dikutip dari keterangan resmi JAFF17 yang diterima MNC Portal, Senin (28/11/2022).

"Selaras dengan tema yang diusung JAFF17 yaitu Blossom, menjadi harapan kita bersama bahwa gelaran ini menjadi penanda pertumbuhan serta semangat pembaruan dalam moda produksi, penjelajahan artistik, dan tematik dalam lanskap sinema Asia sehingga JAFF mampu berkontribusi untuk menjadikan Yogyakarta sebagai barometer sinema Indonesia di Asia," sambungnya.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim juga menyampaikan dukungannya melalui video singkat.

"Atas berbagai capaian yang diraih JAFF dan mempertahankan eksistensinya selama 17 tahun tanpa henti bahkan di saat pandemi, kami di Kemendikbud Ristek melalui Dirjen Kebudayaan memberikan dana abadi kebudayaan kategori kegiatan strategis”, ujar Nadiem.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Follow Berita Okezone di Google News

Film Piknik Pesona, dipilih sebagai film pembuka JAFF17. Bahkan tiket film tersebut langsung habis diserbu pada 19 November lalu. Sementara itu, tercatat lebih dari sepuluh film yang tiketnya habis terjual kurang dari 30 menit sejak dibuka.

“Selamat kepada JAFF selama 17 tahun sudah menjadi perhelatan ibadah sinema Indonesia. Malam ini kami bangga sekali bisa membagikan karya kami kepada khalayak perfilman. Saya mewakili Palari Films, senang sekali dan berterima kasih kepada Vision Plus untuk kerjasamanya, terima kasih juga terutama untuk penonton, mari kita merayakan keberagaman”, ujarnya.

"Jumlah pengunjung dan penonton di JAFF selalu bertambah. Setiap tahunnya muncul penonton-penonton baru yang datang ke JAFF untuk pertama kalinya. Hal ini semakin membuat saya yakin bahwa budaya sinema di Indonesia akan terus semakin kuat”, ungkap Festival Director, Ifa Isfansyah.

Sekedar informasi, JAFF17 akan dilaksanakan secara luring dan daring selama delapan hari berturut-turut dari 27 November hingga 3 Desember 2022 di Empire XXI, Yogyakarta.

Sementara, penonton bisa menyaksikan acara ini di LPP Yogyakarta dan KLIKFILM secara daring. Jadwal program JAFF17 dan cara membeli tiket dapat ditemukan di akun media sosial resmi @jaffjogja dan situs resmi, jaff-filmfest.org.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini