Share

Lihat Kakbah, Ki Joko Bodo Langsung Tobat dan Bangun 99 Masjid

Nurul Amanah, Okezone · Selasa 22 November 2022 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 33 2712478 lihat-kakbah-ki-joko-bodo-langsung-tobat-dan-bangun-99-masjid-thqVnc1xLH.jpg Ki Joko Bodo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ki Joko Bodo tutup usia pada Selasa, (22/11/2022). Ia menghembuskan napas terakhirnya sekitar pukul 09.45 WIB. Meski sempat dikenal sebagai seorang paranormal kondang, beberapa tahun terakhir KI Joko Bodo telah meninggalkan profesinya itu dan disebut-sebut telah mendapat hidayah untuk berhijrah.

Salah satu perjalanan hijrah yang dialami pria bernama asli Agus Yulianto itu saat dirinya pergi ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah Umrah. KI Joko Bodo menceritakan beberapa hal yang dialaminya hingga pintu hatinya terketuk, terutama saat berada di Masjidil Haram dan melihat Kakbah. Menurutnya, masjid itu memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya menjadi begitu dekat dengan Allah.

Ki Joko Bodo

Sebetulnya Ki Joko Bodo enggan menyebut perubahan dalam dirinya itu sebagai perjalanan hijrah mengingat sebenarnya tak banyak perubahan yang terjadi dalam dirinya melainkan kini hanya berusaha untuk lebih dekat dengan Allah. Sebelumnya ia memang sempat mengaku bahwa selama ini selalu cuek dengan urusan agama meski mengetahui soal kewajiban dan perintah dari agama yang dianutnya.

Mulanya, perubahan Ki Joko Bodo mulai terlihat saat ia mengubah penampilan dengan memangkas rambut gondrongnya serta kumis hingga jenggot yang panjang. Perlahan-lahan ia pun mengurangi aktivitasnya di dunia supranatural. Jika dulu dalam menjalankan profesinya itu banyak aturan yang dilanggarnya, maka sekarang ia menyebut kegiatannya itu sebagai warisan budaya tanpa harus mengorbankan nilai-nilai agama.

Sempat cuek dengan urusan agama, Ki Joko bodo juga mulai menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim dengan tidak menunda-nunda shalat setelah adzan berkumandang. Ia juga rajin membaca Al-Quran meski dirinya mengaku bacaannya masih kurang sempurna. Selain itu, Ki Joko Bodo ingin memperbaiki hubungannya dengan sesama manusia karena selama ini ia mengaku tak peduli dengan orang-orang disekitarnya, yang terpenting baginya dalam hidup hanya bagaimana hubungannya dengan Tuhan.

Dirinya juga menyadari bahwa semakin hari, usia akan semakin berkurang. Pancaindera mulai berkurang fungsinya hingga nanti ajal pun akan menjemputnya sehingga harus terus mendekatkan diri kepada Allah.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Tak tanggung-tanggung, pria kelahiran Singaraja, Bali tahun 1964 ini berencana akan mewakafkan rumah yang menjadi salah satu tempat prakteknya. Sedangkan Istana Wong Sinting yang menjadi kediamannya dijadikan sebagai rumah budaya jika klien ingin datang akan tetap disambutnya hanya untuk bersilaturahmi. Selain itu, dirinya juga berencana membangun 99 masjid yang akan diberi nama dengan Asmaul Husna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini