Share

Kenangan Ki Kusumo tentang Sosok Ki Joko Bodo

Sukainah Hijarani, Okezone · Rabu 23 November 2022 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 33 2713515 kenangan-ki-kusumo-tentang-sosok-ki-joko-bodo-Or2d3X9B7w.jpg Ki Kusumo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ki Kusumo menceritakan kedekatannya dengan mendiang Ki Joko Bodo. Keduanya berkawan sejak tahun 90-an, dan pernah syuting bareng di salah satu stasiun televisi.

“Saya kenal beliau sewaktu tahun 90-an. Sejak dulu berkawan dalam berbagai hal, kenalnya panjang ceritanya, nggak hanya sebentar. Pernah syuting bareng di TV, berburu bareng ke hutan, pernah ngerjain yang berbau spiritual bersama-sama,” kata Ki Kusumo, Rabu (23/11/2022).

“Awal kenal, dia kan praktek di Pondok Gede. Ketemu di pertemuan konsultan spiritual gitu, ketemu di kelompok Taman Mini. Jadi sering ketemu jadi akrab. dia sering ke tempat saya, sebaliknya juga,” tambahnya.

Ki Joko Bodo

Ki Kusumo juga menyebutkan pengalaman yang paling berkesan terhadap Ki Joko Bodo semasa hidupnya. “Kalau pengalaman banyak ya, berkali syuting bareng. semuanya berkesan. ya kurang dan lebih lah,” ucapnya.

Semasa hidupnya, Ki Kusumo menuturkan kepribadian Ki Joko Bodo yang unik, dan terbilang ceplas ceplos. Ia juga mengaku terkadang almarhum sering bercanda dalam kesehariannya, meski penampilannya yang seram.

“Dia orangnya unik, seniman. Kadang ngomong ceplas ceplos. apa yang dipikir, diomongin. Kawan-kawan sama-sama mengerti. Kadang orang awam tak tahu. sebenarnya orangnya sering bercanda dalam keseharian. Nggak serem seperti penampilan. Secara pertemanan care sama teman, saling dukung saling bantu,” tutur ki Kusumo.

Sesama paranormal, Ki Kusumo menyampaikan tidak pernah merasa saling bersaing. Lantaran sejak tahun 19965 sampai 2000-an profesi paranormal pun banyak. Dirinya pun menyatakan kini paranormal muda juga sedang berkembang.

“Bersaing sih ga pernah. Gak merasa bersaing aja, sama-sama aja. Kalau dulu kan sekitar awal 1995 hingga 2000-an banyak tuh teman paranormal, saya, ki joko, bos edi, ki gendeng pamungkas, mama loren, itu teman seangkatan. sekarang kan berkembang yang muda-muda, setelah kami-kami ini muncul. Mungkin yang senior-senior ya tinggal saya aja,” ungkap Ki Kusumo.

Pertama kali dikabarkan kepergian Ki Joko Bodo. Ki Kusumo membeberkan seorang laki-laki menelepon dengan nada terisak. Untuk itu, dirinya langsung bergegas datang untuk takziah. Ia juga turut berduka cita atas kepulangan Ki Joko Bodo.

“Ada suara laki-laki, nada terisak telpon, Ki Kusumo, Ki Joko meninggal. Ya akhirnya saya datang untuk takziah. Pesan kepada keluarga sih yang tabah dan kuat, hadapi kenyataan dengan tawakal, semoga bisa dilapangkan kuburnya, diampuni dosanya,” tandas Ki Kusumo.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sempat meninggalkan dunia paranormal. Ki Kusumo menilai Ki Joko Bodo bukan berhenti dari paranormal hanya saja lebih memperdalam agama. Bahkan, ia menyebut Hal itu merupakan proses perjalanan hidup setiap manusia.

“Setiap orang kan punya perjalanan hidup, ada fase dimana tidak baik, setengah baik dan menjadi baik. setiap manusia kan pasti punya salah, tp kalau udah berusaha memperbaiki diri, ya bagus. pas sakit itu pola hidupnya berubah, lebih rajin salatnya,” jelas Ki Kusumo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini