Share

YouTuber Mahyar Tousi Banjir Hujatan Usai Hina Kain Endek dan Batik

Dennira Prifta Binantari, Okezone · Kamis 17 November 2022 02:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 17 33 2709063 youtuber-mahyar-tousi-banjir-hujatan-usai-hina-kain-endek-dan-batik-t8t8ds1gIi.jpg YouTuber Inggris Mahyar Tousi dihujat usai hina kain endek dan batik. (Foto: Instagram/@mahyar_tousi)

JAKARTA - YouTuber asal Inggris Mahyar Tousi ramai dihujat warganet Indonesia setelah dinilai menghina batik dan kain endek lewat cuitannya di Twitter, pada 16 November 2022. 

Dalam unggahannya, pria itu membagikan foto Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Presiden FIFA Gianni Infantino, Menteri Perdagangan Indonesia Zulkifli Hasan, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, dan Pendiri WEF Klaus Martin Schwab di ajang KTT G20 di Bali. 

BACA JUGA: YouTuber Tuai Kontroversi, Nomor 3 Disebut Merusak Ekosistem Laut

Sebagai pelengkap unggahannya, Tousi menuliskan, “What on earth are these id**ts wearing?! (Sebenarnya apa yang dipakai orang-orang id**t ini?!).” Tak perlu waktu lama, warganet Indonesia kemudian menyerang unggahan itu.

Menjawab keingintahuan Mahyar Tousi, warganet kemudian menjelaskan, kemeja yang dikenakan Trudeau, Sunak, dan Schwab terbuat dari kain tenun endek khas Bali. Sementara Infantino dan Zulkifli mengenakan kemeja batik.

BACA JUGA: Dinilai Tak Sopan pada Nathalie Holscher, Mahalini Tuai Kritik Pedas Publik

YouTuber Mahyar Tousi dihujat setelah dinilai hina batik dan kain endek. (Foto: Twitter/@MahyarTousi)

Akibat unggahan tersebut, YouTuber berdarah Iran itu mengklaim mendapat ancaman pembunuhan dari warganet Indonesia. Dia mengaku, foto tersebut sebenarnya diunggah banyak orang Inggris di media sosial. 

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Follow Berita Okezone di Google News

Para politisi Inggris, menurut Mahyar Tousi, biasanya hanya akan bersentuhan dengan budaya untuk kepentingan promosi semata. Sehingga apa yang dituliskannya di Twitter itu hanya sebuah kritik untuk Rishi Sunak. 

“Tidak ada niatku untuk mengejek tradisi dan budaya negara manapun. Semua budaya dan tradisi memiliki karakteristik unik dan tak seharusnya dilecehkan atau dijadikan bahan pansos bagi para politisi dan artis.” 

Mahyar Tousi dihujat setelah dinilai hina batik dan kain endek. (Foto: Instagram/@mahyar_tousi)

Namun penjelasan Mahyar Tousi itu ditanggapi dingin oleh warganet Indonesia. Mereka menilai, hal bijak yang bisa dilakukan sang YouTuber saat ini hanyalah meminta maaf. Karena bagaimanapun caption unggahannya tersebut sudah membuat warga Indonesia sakit hati. 

“Dan kau masih berusaha keras menyalahkan kami dan membuat skenario seolah-olah orang Indonesia yang mencari masalah duluan. Kami tak mengenalmu, jadi tolong paham kenapa orang Indonesia menyerangmu,” ujar seorang warganet.*

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini