Share

Imbas Kasus Kekerasan, Andibachtiar Yusuf Dikeluarkan dari Asosiasi Sutradara Indonesia

Lintang Tribuana, Okezone · Kamis 01 September 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 01 206 2659150 imbas-kasus-kekerasan-andibachtiar-yusuf-dikeluarkan-dari-asosiasi-sutradara-indonesia-aAv0co0RM7.jpg Andibachtiar Yusuf (Foto: IG Andibachtiar Yusuf)

JAKARTA - Asosiasi Sutradara Film Indonesia (IFDC) resmi mengeluarkan Andibachtiar Yusuf dari keanggotaan imbas kasus kekerasan. Sikap ini juga sebagai pernyataan IFDC yang menolak segala bentuk kekerasan kerja dalam proses berkarya dan dalam peran sutradara di ekosistem perfilman Indonesia.

"Setelah melakukan penilaian menyeluruh atas kasus kekerasan yang beredar melalui akun instagram @juandini, kami menyatakan telah mengeluarkan saudara Andibachtiar Yusuf dari keanggotaan IFDC serta memberikan saran agar yang bersangkutan melakukan asesmen psikologi diri dan konseling di lembaga seperti Yayasan Pulih," bunyi pernyataan IFDC.

IFDC juga bersama dengan korban kekerasan. IFDC berharap jika ada kasus serupa bisa menghubungi asosiasi sutradara agar kekerasan di lingkungan kerja tak terjadi kembali.

"Kami juga menyarankan agar setiap pihak yang terkait, teguh berpihak pada korban, mendampingi keputusan korban, dan memenuhi tanggung jawab atas profesinya dalam proses kerjanya. Untuk ke depannya, bila ada anggota IFDC yang melakukan kekerasan, silakan berikan aduan melalui DM Instagram @ifdclub," sambungnya.

Seperti diketahui, isu ini berhembus dari casting director serta talent coordinator bernama Juandini Liesmita. Dia membeberkan kronologi kejadian melalui media sosialnya.

Dalam postingannya, Juandini menyebut salah satu anak buahnya mendapat perlakuan kasar dari sutradara yang tak disebutkan namanya itu.

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini