Share

Perkenalkan Film Pesantren, Lola Amaria Berharap Berkah

Lintang Tribuana, Jurnalis · Selasa 02 Agustus 2022 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 206 2640894 perkenalkan-film-pesantren-lola-amaria-berharap-berkah-52eXi72SZp.jpg Film Pesantren (foto: Ist)

JAKARTA - Lola Amaria menyambut baik kehadiran film dokumenter bertajuk Pesantren. Film ini menghadirkan sebuah kisah santri di Pondok Kebon Jambu Al Islamy Cirebon.

Meski tak terlibat secara langsung, Lola senang bisa memperkenalkan film Pesantren ke masyarakat luas dan dunia. Bahkan film tersebut sempat hadir di Belanda pada 2019 sebelum tayang di bioskop.

Film Pesantren

"Film Pesantren ini awalnya dirilis pada 2019 dan dipertontonkan secara langsung di Amsterdam, Belanda dalam ajang International Documentary Festival Amsterdam. Saya membawa keliling film ini 10 pesantren. Awalnya dirilis 2019 di Belanda, lalu 2020 seharusnya dirilis tapi pandemi jadi ketahan dan baru naik ke bioskop 4 Agustus mendatang dengan layar terbatas," kata Lola Amalia.

Bagi Lola film ini banyak memberikan pandangan baru dan menghapus stigma negatif. Bagi Lola film Pesantren ini memperlihatkan kisah santri wanita yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan bermasyarakat.

"Kita hanya menuduhnya (pesantren) sebagai sarang teroris atau institusi yang tidak aman bagi perempuan. Karena terkesan tertutup, banyak stigma negatif yang dilekatkan padanya, padahal sebenarnya apa yang kita tahu tentang institusi pendidikan tertua di Indonesia ini?" lanjutnya.

Dari film ini, Lola juga berharap berkah bisa memperkenalkan dunia pesantren kepada masyarakat Indonesia. "Saya belajar ilmu barokah dari film ini. Karena itu saya tidak berharap tentang pendapatan dari penjualan tiket, tapi barokahnya. meski sedikit yang nonton tapi kalau berdampak besar, itu barokah," tutup Lola.

Film Pesantren tayang pada 4 Agustus 2022.

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini