Edukasi Stigma HIV/AIDS, Lola Amaria Hadirkan Film Gratis di Youtube

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 22:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 206 2329048 edukasi-stigma-hiv-aids-lola-amaria-hadirkan-film-gratis-di-youtube-T2BHl9aVQM.jpg Film Calon Pengantin (Foto: IG Lola Amaria)

JAKARTA - Lola Amaria kembali menghadirkan sebuah film. Seperti karya-karya sebelumnya, Lola selalu menyelipkan nilai edukasi termasuk dalam filmnya kali ini, Calon Pengantin.

Mengambil momen Hari HIV/AIDS sedunia, Lola menyelipkan nilai-nilai edukasi soal virus berbahaya tersebut lewat film Calon Pengantin. Mulai dari penyebab, seperti gonta-ganti pasangan, hubungan seks tanpa pengaman hingga paradigma test HIV di kalangan masyarakat menengah ke bawah.

Baca Juga:

Lola Amaria Singgung Nasib Pekerja Film di Era New Normal

Alasan Lola Amaria Angkat Kisah Spiderwoman Indonesia dalam Film 6,9 Detik

Film Calon Pengantin

Film Calon Pengantin, mengisahkan sepasang kekasih yang ingin menikah. Sebagai syarat pernikahan, test HIV di Jakarta wajib untuk mendeteksi dini. Kisah pasangan muda ini diangkat berdasarkan data bahwa penyebaran virus HIV belakangan ramai tersebar di lingkungan rumah tangga, suami-istri.

"Lima tahun belakangan ini, HIV banyak diderita oleh ibu-ibu rumahan, yang mereka tidak tahu apa-apa. Kita buat film pendek yang isinya mengedukasi dan orang harus paham dengan ini,” kata Lola.

Data per Juni 2019, Kementerian Kesehatan mencatat ada 349.883 penderita HIV di Indonesia. Penderita bergeser dari pekerja seks, pengguna narkotika, kemudian ibu-ibu rumah tangga.

Lola yang melibatkan sutradara Shalahuddin Siregar, film Calon Pengantin diharapkan bisa mengedukasi masyarakat bawah, bahwa penyebaran HIV masih masiv di Indonesia.

"Pemilihan cerita kisah cinta anak muda ini supaya filmnya lebih mudah diterima karena kisah cinta dan pernikahan selalu menarik bagi para penonton. Tetapi yang membedakan film ini dari film tentang kisah cinta anak muda lain adalah, kami membicarakan seks secara terbuka dan positif,” sambung Lola.

Film Calon Pengantin bisa disaksikan gratis di Youtube. Film ini dibintangi oleh Tatyana Akman (Siti), Agra Pilliang (Bondan), Revaldo (Ari) dan Gia Partawinata (Ali).

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini