Share

Lola Amaria Hadirkan Bahasa Jawa dan Kebhinekaan Dalam Film 6,9 Detik

Lintang Tribuana, Okezone · Rabu 18 September 2019 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 18 206 2106486 lola-amaria-hadirkan-bahasa-jawa-dan-kebhinekaan-dalam-film-6-9-detik-MKBnPG7IsB.jpg Lola Amaria (Foto: Instagram @lola.amaria)

JAKARTA - Lola Amaria menghadirkan karya film terbaru yang berjudul 6,9 Detik. Sebagai sutradara, ia mencoba menampilkan unsur budaya lokal seperti bahasa Jawa dan juga kebhinekaan.

Ide untuk memasukkan unsur budaya lokal tersebut muncul ketika Lola Amaria sedang melakukan riset sebelum produksi film. Ia mempelajari kehidupan sehari-hari Aries Susanti Rahayu, atlet Panjat Tebing yang kisah hidupnya diangkat dalam film 6,9 Detik ini.

Baca juga: 6,9 Detik, Film Lola Amaria tentang Spiderwoman Indonesia

Lola Amaria

"Aries ngomong sama ibunya pakai bahasa Jawa. Jadi bahasa Jawa keseharian aja sih. Berkali-kali datang sampai akhirnya aku mikir memasukkan local culture. Sampai akhirnya kepikiran, ketika di rumah, pemain menggunakan bahasa Jawa," ungkap Lola saat konferensi pers di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (18/9/2019).

Sebagian besar adegan di film 6,9 Detik ini, pemainnya berdialog bahasa Jawa. Tak hanya itu, Lola Amaria juga mencoba menampilkan nilai kebhinekaan pada saat adegan Aries sedang dalam Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas).

Lola pun mempercayakan sosok Aries yang asli untuk memerankan dirinya sendiri dalam film 6,9 Detik. Menurutnya, tak ada aktris lain yang mampu melaksanakan adegan panjat tebing secepat Aries.

Baca juga: The Santri Tuai Kritik Pedas, Ustadz Yusuf Mansur Beri Komentar Bijak

Agar Aries mampu berakting di depan kamera layaknya aktris profesional, Lola melatih atlet panjat tebing tersebut. Proses syuting pun dipilih kala para atlet sedang dalam masa libur di Pelatnas.

Film 6,9 Detik

"Enggak mungkin kan saya pakai aktor lain untuk waktu singkat ini. Jadinya ya udah saya berterima kasih kepada Frederasi Panjat Tebing Indonesia karena diiizinkan untuk bisa menggunakan Aries," pungkas Lola.

Film 6,9 Detik ini menceritakan tentang Aries Susanti Rahayu, atlet Pelatnas panjat tebing nasional yang dijuluki Spiderwoman. Ia menjadi viral karena memenangkan medali emas Asian Games 2018 silam.

Kisah menarik yang ditawarkan dalam film ini adalah kenyataan tentang tumbuh kembangnya seorang gadis desa yang akhirnya bisa mendunia karena prestasinya. Film 6,9 Detik siap menggebrak dunia perfilman Tanah Air pada 26 September 2019.

(sus)
1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini