Tolak Gugatan Ormas, Pengadilan Izinkan Snowdrop Tetap Tayang

Ajeng Putri Yuwono, Jurnalis · Kamis 30 Desember 2021 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 30 206 2525203 tolak-gugatan-ormas-pengadilan-izinkan-snowdrop-tetap-tayang-y1g92zzhLg.jpg Snowdrop. (Foto: JTBC)

SEOUL - Pengadilan Distrik Seoul Barat resmi menolak gugatan henti tayang yang dilayangkan organisasi masyarakat (ormas) Declaration of Global Citizens atas drama Snowdrop. Putusan itu diumumkan pada 29 Desember 2021. 

“Sekalipun Snowdrop mengandung distorsi sejarah, kemungkinan orang-orang untuk begitu saja memercayai cerita itu sebagai fakta, sangatlah rendah,” ujar hakim seperti dikutip dari Soompi, Kamis (30/12/2021). 

Snowdrop. (Foto: JTBC)

Tak hanya itu, pengadilan juga mengungkapkan, saat ini tidak ada aturan tertulis yang melarang pelaku dunia hiburan mengadaptasi gerakan pro-demokrasi 1987 ke dalam sebuah cerita. 

"Lain halnya, kalau dalam konten tersebut melibatkan sebuah ormas tertentu. Jika hal itu terjadi, maka sangat dimungkinkan tayangan itu melanggar hak ormas tersebut dan itu bisa ditindak," ungkap pengadilan dalam putusan tersebut. 

Drama Snowdrop sudah ditolak publik Korea jauh sebelum memulai debutnya di televisi, pada 18 Desember silam. Program tersebut dituding melakukan distorsi sejarah.l dengan melibatkan karakter mata-mata Korea Utara di era pro-demokrasi pada 1987.

Baca juga: Kontroversi Snowdrop Kian Memanas, Kini Publik Minta JTBC Ditutup 

Tak hanya dipetisi, ormas Declaration of Global Citizens in Korea juga melayangkan gugatan mereka ke Pengadilan Distrik Seoul Barat, pada 22 Desember 2021. Gugatan utama adalah meminta JTBC menghentikan penayangan drama Snowdrop.

 Snowdrop. (Foto: JTBC)

Meski gugatan dianulir, namun publik Korea masih menantikan tanggapan Blue House (Istana Kepresidenan) terkait petisi yang sejauh ini telah diteken lebih dari 300.000 orang.*

Baca juga: Dicap Pengkhianat karena Indonesia Kalah di AFF 2020, Taqy Malik: Ya Allah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini