Tersandung Isu Plagiarisme, Squid Game Sukses Dominasi Pasar Amerika

Dewi Aspara, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 206 2475346 tersandung-isu-plagiarisme-squid-game-sukses-dominasi-pasar-amerika-fi3OlMHRMr.jpg Squid Game tersandung isu plagiarisme. (Foto: Netflix)

SEOUL - Ketika Squid Game memulai debutnya pada 17 September silam, tak butuh waktu lama untuk drama itu menjadi perbincangan. Tak hanya di Korea Selatan, drama itu juga sukses mencuri hati penonton Asia dan Amerika Serikat.

Di Amerika Serikat, drama itu bahkan menempati peringkat pertama daftar ‘Top 10 Program Netflix yang Paling Banyak Ditonton’. Peringkat kedua dan ketiga, masing-masing diisi oleh Sex Education dan Clickbait

Squid Game. (Foto: Netflix)

Dengan hasil itu, maka Squid Game menjadi serial Korea pertama yang paling banyak ditonton di Amerika Serikat. Rekor itu bahkan sukses menggeser Sweet Home yang sebelumnya hanya bisa berada di peringkat ketiga. 

Namun di tengah popularitasnya, serial arahan Hwang Dong Hyuk tersebut dituding menjiplak As The Gods Will, film horor supernatural karya sutradara Takashi Miike yang dirilis pada 2014. Ada persamaan dalam kedua tayangan tersebut. 

Dalam Squid Game ada adegan di mana para peserta pertama kali datang dan ditantang untuk bermain Red Light. Namun permainan itu menjadi mencekam ketika boneka anak perempuan itu mulai ‘menangkap’ para peserta dan membunuh mereka. 

Baca juga: Curi Perhatian di Squid Game, Jung Ho Yeon Ternyata Pacar Aktor Ini

Sementara dalam As The Gods Will juga terdapat boneka yang juga memiliki peran yang hampir sama. Beberapa adegan juga memiliki kesamaan, seperti ketika seorang perempuan berteriak histeris karena kecipratan darah peserta lain. 

Squid Game. (Foto: Netflix)

Hwang Dong Hyuk yang merupakan sutradara dan penulis skenario serial itu mengaku, membuat skenario Squid Game sejak tahun 2008. Dia mengaku, terinspirasi dari permainan masa kecilnya dan mengembangkannya dalam sudut pandang orang Korea.*

Baca juga: Bersedia Tampil di Podcast Deddy Corbuzier, Jerinx SID Minta Bayaran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini