Dikritik Netizen, Matt Damon Klarifikasi Guyonan soal LGBTQ+

Siska Maria Eviline, Jurnalis · Selasa 03 Agustus 2021 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 33 2450289 dikritik-netizen-matt-damon-klarifikasi-guyonan-soal-lgbtq-5mWL1YpN6f.jpg Matt Damon klarifikasi soal jokes LGBTQ+ yang diucapkannya saat wawancara bersama Sunday Times. (Foto: GQ British)

LONDON - Matt Damon memutuskan ‘pensiun’ menggunakan kata faggot atau fag untuk menyebut komunitas LGBTQ+. Hal itu dilakukannya, setelah salah satu putrinya memperingatkan bahwa kata tersebut berpotensi menyakit perasaan kalangan tertentu.

Dalam wawancaranya dengan Sunday Times, dia mengatakan, kata tersebut sesuatu yang awam digunakan masyarakat tempatnya tumbuh. Namun ketika dia menggunakan kata itu untuk tujuan bercanda, sang putri memberinya peringatan. 

“Aku bilang, ‘Come on, (kata) itu hanya lelucon dalam film Stuck on You.’ Dia kemudian masuk kamar dan mulai menulis surat panjang yang berisi betapa bahayanya kata tersebut,” katanya seperti dikutip dari Los Angeles Times, Selasa (3/8/2021).

Matt Damon mendapat kritik pedas warganet tentang komentarnya soal komunitas LGBTQ+. (Foto: Esquire)

Matt Damon kemudian menambahkan, “Lalu aku bilang, ‘Ok, aku pensiun menjadikan kata itu sebagai bahan becandaan. Aku mengerti.” 

Namun pernyataan sang aktor dalam wawancara itu menuai kritik pedas warganet yang membuat dia kembali harus memberikan klarifikasi lewat media sosial, pada 2 Agustus 2021. Dia mengaku, mencoba untuk mengubah kebiasaan tersebut. 

“Saya besar di Boston dan kerap mendengar kata f*g saat masih kanak-kanak. Dan tentu saja, aku tak tahu artinya saat itu. Aku menjelaskan pada putriku, kata itu digunakan setiap hari, bahkan menjadi bagian dari dialog dalam filmku,” katanya. 

Baca juga: 

Demi Bourne Ultimatum, Matt Damon Lepas Tawaran Bintangi Avatar

4 Aktor Bollywood Ini Pernah Masuk Penjara, Nomor 1 Dipicu Salah Paham

Matt Damon mengaku, putrinya tak percaya bagaimana masyarakat zaman sekarang masih menggunakan kata tersebut tanpa pikir panjang. Bahwa kata itu bisa sangat melukai perasaan komunitas LGBT+. 

Matt Damon kembali menegaskan, dia tak pernah menggunakan kata faggot dalam kehidupan pribadinya. Pun pembicaraan dengan putrinya tak menjadi titik balik baginya untuk berhenti menggunakan kata itu. 

Matt Damon mendapat kritik pedas warganet tentang komentarnya soal komunitas LGBTQ+. (Foto: Esquire)

Aktor The Bourne Identity itu mengungkapkan, perlu gerakan aktif untuk bisa menghapus prasangka publik terkait suatu golongan. Hal itulah yang membuat Matt mengerti, kenapa pernyataannya menjadi kontroversial dan mengundang kritik publik. 

“Agar semuanya jelas, aku mendukung komunitas LGBTQ+,” ungkap Matt Damon pada akhir keterangannya.*

Baca juga: Malu Punya Anak di Usia 75 Tahun, Aktor Gaek Kim Yong Gun Minta Pacar Aborsi

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini