Adaptasi di Era Digital, Souljah Giat Lakukan Kolaborasi Antar Musisi

Nandha Aprilia, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 19:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 205 2448089 adaptasi-di-era-digital-souljah-giat-lakukan-kolaborasi-antar-musisi-I9yhGfipph.jpg Souljah (Foto: IG Souljah)

JAKARTA - Souljah terus beradaptasi dari masa ke masa dapat untuk mempertahankan eksistensi. Band yang sudah berdiri sejak tahun 1998 itu menceritakan langkah-langkah yang mereka tempuh sebagai langkah beradaptasi hingga kini.

"Kita beradaptasi sekarang makanya kita berkolaborasi sama yang lebih muda. Jadi kita banyak tanya sama yang muda-muda," tutur David di live instagram bersama dengan okezonecom, Kamis (29/7/2021).

Sementara itu sang vokalis, Danar, pun menceritakan kesulitan yang dia rasakan atas perubahan era digital seperti sekarang ini.

Baca Juga:

Souljah Bongkar Rahasia Tetap Kompak Berkarya dalam Live Instagram Bersama Okezone

Bassist Souljah Ajak Warga Terdampak PPKM Darurat Buka Bisnis

Souljah


"Era digital itu sebenarnya sangat terasa di musik ya, karena seperti halnya promo-promo. Kami mengalami perubahan," ucap Danar.

Sebagai langkah adaptasi mereka, salah satunya terlihat melalui single baru mereka yang berjudul Gloria Existensives dengan menggandeng tujuh musisi lintas genre yang rilis pada April 2021 lalu.

Ketujuh musisi tersebut yakni Ojan Sisitipsi, Iga Massardi Barasuara, Jimi Multhazam The Upstairs, Ocan Siagian, Bounty Ramdhan, DJ Apink, hingga Upi alias Tuan Tigabelas.

"Kami kan memang senang explore juga. Musisi kan sebenarnya bosenan gitu ya, terus kita sadar diri kita nggak mungkin buat album yang sama dari yang sebelumnya," ujar David.

Tak berhenti sampai disitu, Souljah pun masih punya bentuk kolaborasi lainnya yang diketahui akan rilis pada September mendatang. Yang membuat heboh, bahwa kolaborasi berikut Souljah akan menggandeng seorang DJ.

"Dengan DJ ini kita mau coba challenge diri kita, kita bisa nggak, sekalian kita beradaptasi juga," tutur David.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini