Lucu & Edukatif, Ini 5 Alasan Wajib Nonton "Upin & Ipin" di Vision+!

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 598 2447565 lucu-edukatif-ini-5-alasan-wajib-nonton-upin-ipin-di-vision-O1tTAG9cZQ.jpeg Upin dan Ipin (Foto: Vision+)

JAKARTA – Siapa yang tidak kenal dengan dua anak kembar, Upin dan Ipin? Kartun yang berasal dari Malaysia yang tayang di MNCTV ini banyak digemari oleh anak-anak maupun remaja hingga orang dewasa.

Keunikan bahasa dalam kartun Upin & Ipin yang menggunakan bahasa melayu menjadi salah satu daya tarik bagi anak-anak untuk menontonnya. Selain itu, cerita Upin Ipin yang lucu, merakyat dan mengandung nilai moral yang dipetik membuat kartun ini tidak membosankan dan berhasil mencuri hati anak-anak.

Baca Juga:

Tonton Petualangan Upin dan Ipin Bertemu Nenek Kabayan di RCTI+

RCTI+ Suguhkan Alternatif Kegiatan Anti Bosan saat Liburan Sekolah di Masa PPKM

Upin Ipin

Kartun ini tidak hanya menghibur tetapi juga edukatif, memberikan nilai moral, agama, etika dan budaya dari ceritanya yang realistis.

Tokoh yang ada di kartun Upin & Ipin juga memiliki karakter positif yang dapat ditiru. Penting bagi anak-anak untuk menonton tayangan yang sesuai dengan umurnya dan memiliki nilai moral yang dapat diambil, karena perilaku anak-anak cenderung menirukan apa yang ia lihat dari sebuah tontonan.

Berikut ini deretan alasan mengapa Upin & Ipin merupakan tontonan yang sesuai untuk anak-anak.

1. Keceriaan Upin dan Ipin Meskipun dengan Keterbatasan

Meskipun Upin dan Ipin merupakan anak yatim piatu yang hanya tinggal dengan Kak Ros dan Opah dengan kehidupan yang sederhana, Upin Ipin selalu terlihat ceria dan tidak pernah mengeluh. Hal ini mengajarkan anak-anak untuk tetap bersyukur dan keceriaan tidak harus dengan uang.

2. Mengajarkan Empati

Upin dan Ipin selalu memiliki kepedulian yang besar pada orang sekitarnya, dan lingkungannya. Seperti salah satu contohnya adalah ketika Upin Ipin menemukan anak kucing kecil di semak-semak, teman-teman Upin Ipin tidak mau merawat kucing tersebut karena Ehsan takut dengan kucing dan Fizi yang sudah merawat banyak kucing di rumahnya.

Akhirnya Upin memutuskan untuk merawat kucing kecil tersebut bersama Ipin. Hal ini menunjukkan bahwa Upin Ipin tidak hanya memiliki empati ke orang lain, tetapi mereka juga memiliki empati lingkungan yang besar, yaitu tindakan yang selalu berupaya menjaga dan melestarikan lingkungan dan alam sekitar.

3. Mengajarkan Hormat pada Orang yang Lebih Tua

Upin Ipin merupakan anak yang berbakti dengan kedua orang yang sudah mengasuhnya dari kecil, yaitu Kak Ros dan Opah. Contohnya, Upin Ipin selalu menuruti perintah Kak Ros dan tidak berani melawan Kak Ros, Upin Ipin tidak pernah lupa untuk salim dan mengucapkan salam dengan Kak Ros dan Opah setiap mereka meninggalkan rumah atau baru sampai rumah. Selain itu, Upin Ipin juga menunjukkan sikap sopan santun pada siapapun yang lebih tua, seperti Tok Dalang, Cikgu, Uncle Muthu, dan Uncle Ah Tong.

4. Nilai Religius dan Toleransi pada Perbedaan Agama

Upin & Ipin merupakan kartun yang cukup fokus dalam mengajarkan ilmu agama, hal ini menambah pemahaman pengalaman spiritual pada anak. Contoh episode yang bertemakan religius adalah “Esok Puasa”, “Terawih”, “Esok Raya”, “Hari Raya”, dan lain-lain.

Selain itu, Upin Ipin juga memiliki teman-teman yang memiliki agama yang berbeda dengan Upin dan Ipin. Toleransi pada perbedaan agama ini ada di season 7 dengan judul “Gong Xi Fa Cai”.

5. Tidak Memilih Teman dan Toleransi pada Keragaman

Upin Ipin tidak pernah membeda-bedakan teman. Selain itu, tidak hanya Upin dan Ipin yang memiliki karakter positif.

Teman-teman Upin Ipin juga memiliki karakter yang patut untuk ditiru, seperti Jarjit yang bukan berdarah melayu tetap memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dibandingkan dengan teman-temannya, Ehsan yang rajin di sekolah dan menjadi ketua kelas, Mei Mei yang beragama Konghucu dan keturunan Tionghoa selalu mengingatkan teman-temannya untuk kuat berpuasa, Mail yang pekerja keras untuk membantu ibunya mencari rezeki dan Fizi yang memiliki hati mulia dan peduli dengan lingkungannya.

Itu dia nilai-nilai moral yang dapat diambil dari kartun #upinipin. Saksikan live streaming Upin & Ipin MNCTV tayang setiap hari pukul 12.00 di aplikasi Vision+.

Segera unduh dan akses #visionplus di Google Play Store dan App Store atau bisa juga kunjungi www.visionplus.id. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vision+, silakan mengikuti akun sosial media resmi Vision+ di @visionplusid (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok). Vision+, Happiness, Anytime, Anywhere!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini