6 Istilah Populer dalam Anime Wajib Kamu Tahu

Astrid Melanonia, Jurnalis · Minggu 10 Januari 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 10 33 2341998 6-istilah-populer-dalam-anime-wajib-kamu-tahu-trTVcxGup2.jpg Dragon Ball (Foto: Greenscene)

JAKARTA - Budaya Jepang memang sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat Indonesia, salah satunya Anime dan Manga. Banyak kalangan anak muda yang tertarik dan menyukainya, hingga saat ini tak heran jika banyak istilah-istilah Anime dan Manga yang bermunculan serta acap kali digunakan untuk percakapan sehari-hari.

Berikut Okezone rangkum 6 Istilah Populer dalam Anime yang Wajib Kalian Tahu:

1. Wibu

 

Kata Wibu atau weaboo ini diserap dari bahasa Inggris yang sering sekali muncul. Kata ini biasanya digunakan untuk orang non-Jepang yang menyukai atau fanatik dengan budaya Jepang melebihi budayanya sendiri, berkhayal seperti orang Jepang yang hidup di sana.

2. Otaku

 

Istilah ini biasa digunakan untuk menyebut orang yang sungguh-sungguh menekuni hobi yang disukainya. Namun, saat ini istilah Otaku lebih sering digunakan untuk orang yang sangat menyukai hal-hal seperti Anime, Manga, dll.

3. Husbu dan Waifu

 

Husbu atau Husbando berarti suami, berasal dari bahasa Inggris Husband. Biasa dipakai para pecinta Anime atau Manga saat menyukai atau tertarik pada karakter laki-laki, hingga menjadikannya pacar atau suami di dunia nyata.

Sementara itu, kata Waifu juga berasal dari bahasa Inggris Wife, yang berarti istri. Kata ini biasanya digunakan untuk penyebutan karakter perempuan Anime atau Manga yang sangat disukai atau diidamkan, hingga merasa karakter itu adalah istri khayalannya.

4. Kawaii

 

Istilah Kawaii ini biasa bersanding dengan loli, yang artinya imut. Kawaii tak hanya digunakan untuk memuji atau mendeskripsikan orang saja, namun kata ini juga dapat digunakan untuk benda atau barang yang menggemaskan.

5. Sensei

 

Pada kata ini, biasanya orang Jepang menggunakannya sebagai panggilan untuk orang yang dihormati karena posisinya, atau yang biasa mendapatkan gelar ini adalah seorang guru.

Panggilan Sensei ini juga biasanya diberikan kepada orang yang menekuni pekerjaan yang memerlukan pengetahuan khusus seperti dokter, pengacara, dll.

6. Tsundere

 

Istilah Tsundere ini biasa diartikan sebagai julukan untuk karakter yang cuek, jutek, serta dingin terhadap orang lain. Sifarnya ini untuk menutupi rasa sukanya terhadap seseorang, atau pada karakter yang tidak percaya diri bahwa dia menyukai seseorang.

1
2
BERITA FOTO
+ 9

Potret Cantiknya Artis Intan Aletrino

Intan Aletrino merupakan Puteri Indonesia Pariwisata 2016. (Foto: Instagram @intanaletrino)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini