Selamat Jalan Omas si Pelawak Sejati

Lintang Tribuana, Jurnalis · Jum'at 17 Juli 2020 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 33 2247715 selamat-jalan-omas-si-pelawak-sejati-PQhEqBizV2.jpg Omas meninggal dunia.

JAKARTA - Dunia hiburan Tanah Air berduka. Omas, salah satu pelawak senior meninggal dunia sekira pukul 19.30 WIB, Kamis 16 Juli 2020. Jenazah Omas saat ini masih disemayamkan di rumah duka di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Menurut keterangan keluarga, Omas mengidap penyakit gula serta gangguan paru-paru sebelum berpulang. Belum diketahui dimana keluarga bakal memakamkan pemilik nama asli Omas Wati.

Adik Omas, Mastur mengatakan, almarhumah sempat dirawat guna menyembuhkan penyakitnya. Sayang, Mastur tak mengingat secara pasti kapan kakaknya mendapat perawatan. “Waduh enggak tahu, sudah lama soalnya,” ujar dia.

Dorce Gamalama mengenang pengalaman manisnya bersama mendiang Omas. Menurutnya, Omas merupakan salah satu pelawak cerdas yang pernah dimiliki industri hiburan Tanah Air. “Omas itu orang yang otodidak, pintar. Tanpa skenario dia juga sudah lucu,” ungkap Dorce Gamalama lewat sambungan telefon.

Omas.

“Dia kan dari keluarga pelawak ya, dari seniman Betawi, jadi enggak diragukan lagi deh,” lanjutnya.

Baca juga:

Meninggal Dunia, Omas Sudah Lama Menderita Sakit

Selain dari kemampuan melontarkan candaan, masih lekat dalam ingatan Dorce bagaimana Omas yang tidak pernah tersinggung menghadapi lelucon apapun. Wanita yang masih memiliki hubungan darah dengan Mandra dan Mastur bahkan sampai dilabeli pelawak sejati oleh Dorce.

“Enggak pernah tersinggung, karena dia memang pelawak sejati sih ya,” kata dia.

Perjalanan Karir

Omas lahir di Jakarta, 3 Mei 1966. Saudara kandung pelawak Mandra dan Mastur ini merupakan aktris dan pelawak asli dari Betawi. Dia mengawali kariernya di dunia seni lewat kesenian tradisional Betawi, yaitu Lenong. Kepiawaiannya dalam seni peran yang mengocok perut mengantarkannya masuk ke industri hiburan Tanah Air.

Omas dikenal dengan gaya lawaknya yang ceplas ceplos. Dia sering tampil di berbagai acara lawak di televisi dan menjadi pemeran pendukung dalam beberapa sinetron.

Dia tercatat pernah membintangi 8 judul sinetron. Di antaranya adalah Upik Abu dan Laura (2008), Cinta Fitri 7 (2011), Yang Muda Yang Bercinta (2013), dan yang terakhir, Fatih di Kampung Jawara (2018).

Meski berkarier sebagai aktris sinetron, Omas tetap mencintai kebudayaan Betawi yang sudah melekat di dirinya. Bersama saudaranya, dia mendirikan PANGSI (Pelestarian Sanggar Seni Budaya Betawi) di Depok.

Dalam kehidupan pribadi, Omas sempat menikah dengan Madi Pribadi. Namun, keduanya bercerai. Mereka dikaruniai dua orang putra, Rizky Dioambiah dan Dimas Aji.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini