nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabulkan Permohonan JPU, Hakim Tolak Eksepsi Trio Ikan Asin

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 20:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 20 33 2155723 kabulkan-permohonan-jpu-hakim-tolak-eksepsi-trio-ikan-asin-ReNNAVI90B.jpg Pablo Benua. (Foto: YouTube/Starpro Indonesia)

JAKARTA - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengabulkan permohonan jaksa penuntut umum (JPU) untuk menolak eksepsi trio terdakwa kasus ujaran ikan asin. Pernyataan hakim tersebut disampaikan dalam sidang putusan sela yang berlangsung pada Senin (20/1/2020).

“Menyatakan menolak keberatan atau eksepsi dari para penasehat hukum terdakwa,” ujar Hakim Ketua Majelis, Djoko Indiarto.

Kasus Ikan Asin. (Foto: Okezone)

Dalam lanjutannya, Hakim Djoko juga menetapkan bahwa Pengadilan Negeri Jakarta Selatan berwenang mengadili perkara ujaran ikan asin yang melibatkan Galih Ginanjar, Pablo Benua, dan Rey Utami selaku terdakwa. Yang mana dalam eksepsi mereka, poin tersebut sempat dipertanyakan oleh tim kuasa hukum Galih dan Pablo.

“Menyatakan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan berwenang memeriksa dan mengadili perkara ini,” tuturnya.

Baca juga: Dipenjara, Galih Ginanjar Kangen Jalan Bareng Barbie Kumalasari

Sebelumnya, ketiga terdakwa kasus ujaran ikan asin menyinggung kewenangan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam menangani perkara mereka. Mengingat lokasi penangkapan masing-masing tidak berada di wilayah hukum Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Sidang ujaran ikan asin. (Foto: Okezone) 

Namun menurut JPU, keberatan kuasa hukum ketiga terdakwa tidak dapat diterima. Sebab sejak awal perkara, kasus ujaran ikan asin yang menyeret Galih Ginanjar, Pablo Benua dan Rey Utami ditangani oleh Polda Metro Jaya.

 

Sehingga menurut ketentuan, Polda Metro Jaya masih masuk wilayah hukum Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.*

Baca juga: Perjuangan Mendiang Ade Irawan Besarkan Anak Tanpa Suami

1
2
BERITA FOTO
+ 7

Celotehan Galih Ginanjar Soal Ikan Asin Akhirnya Dibawa ke Jalur Hukum

Fairuz datang ditemani suami dan tim kuasa hukum dari Hotman Paris Hutapea.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini