nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Metode Baru Penjurian FFI 2019

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 16:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 14 206 2129838 metode-baru-penjurian-ffi-2019-UpHXJWpSji.jpg Festival Film Indonesia 2019 (Foto: IG FFI 2019)

JAKARTA - Nia Dinata bertindak sebagai Komite Penjurian dalam Festival Film Indonesia 2019. Ada terobosan baru yang dilakukan oleh tim penjurian untuk Piala Citra kali ini.

Komite Penjurian memilih tujuh kurator yang berguna untuk membuat short list film yang akan masuk dalam nominasi. Padahal awalnya ada ratusan film yang terdaftar namun cara ini justru memusingkan para voter karena harus menonton ratusan film sekaligus.

Baca Juga:

Daftar Lengkap Nominasi Festival Film Indonesia 2019

Festival Film Indonesia 2019 Hadirkan Terobosan Baru   

Nia Dinata

Tim kurator ini terdiri dari Nungki Kusumastuti, Lisabona Rahman, Hera Diani, Prima Rusdi, Tam Notosusanto, Makbul Mubarak dan Rangga Wisesa. Ketujuhnya bertanggung jawab atas pemilihan 38 film yang masuk dalam FFI tahun ini.

Tak hanya sampai di situ, Komite Penjurian pun meminta para kurator untuk menyaring film-film yang masuk dengan 5 persyaratan. Persyaratan itu di antaranya adalah kekuatan gagasan, orisinalitas, menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika, profesionalitas, dan nilai estetika.

"Kita kan enggak pernah tahu FFI dari tahun 1954 sampai 2018 kemarin kuratornya siapa sehingga semua orang bingung kan pilihannya kok ini, kok itu, tapi kan sekarang udah dipagerin sama kurator bahwa yang dijuriin hanya 38 film. Nah, nanti dari nominasi ini seluruh membership FFI akan voting lagi melalui online vote untuk pemenang Piala Citranya," papar Nia Dinata.

Metode ini, lanjut Nia Dinata, sudah mulai diperkenalkan sejak 2017. Nia yang mulai menjadi Ketua Penjurian sejak 2018 lalu mencoba mencari cara agar sistem penjurian menjadi lebih adil.

Baca Juga:

Putus dari Betsalel Fdida, Nikita Mirzani Punya Pacar Baru

Bangga, Anggun Bikin Sejarah Baru di Televisi Perancis

FFI 2019

"Jadi, kami cuma memperbaiki sistem aja sih. Apa yang kurang, masa orang harus nonton ratusan film sih, kita harus bikin kisi-kisi, pakai kisi-kisi perfilman yang seluruh dunia pakai tapi kita tambahkan Bhinneka Tunggal Ikanya karena kan gak semua negara punya prinsip itu. Jadi baru tahun ini diperbaiki seperti itu," jelasnya.

FFI sendiri baru saja mengumumkan nama-nama nominasi yang akan bertarung. Film Bumi Manusia dari Falcon Pictures dan Dua Garis Biru dari Starvision menjadi pemimpin dengan masing-masing mendapat 12 nominasi.

1
2
BERITA FOTO
+ 9

Potret Cantik Peserta Indonesian Idol 2019 Ziva Magnolya

Potret Ziva berpose dengan temannya. (Foto: Instagram @zivamagnolya)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini