nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Skandal Busuk Terjadi, Lampor Keranda Terbang Tebar Teror

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Jum'at 04 Oktober 2019 07:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 04 206 2112719 skandal-busuk-terjadi-lampor-keranda-terbang-tebar-teror-A7uqUb2faB.jpg Film Lampor Keranda Terbang (Foto: Starvision)

JAKARTA - Film bergenre horor kembali mewarnai industri perfilman Tanah Air. Untuk pertama kalinya pula, sutradara Guntur Soeharjanto akhirnya membuat sebuah film bergenre horor bertajuk Lampor Keranda Terbang.

Lampor sendiri merupakan cerita legenda urban masyarakat Temanggung, Jawa Tengah. Film ini berangkat dari kisah pengalaman masa kecil Guntur Soeharjanto.

Baca Juga:

Dian Sastro Unggah Deretan Foto Genk Cinta , Mana yang Jadi Favorit?

Jadi Single Parent di Film Terbaru, Adinia Wirasti Belajar dari Sang Bunda

 

"Ini film ke-24 saya. Saya deg-degan banget, kayak baru pertama bikin film. Mungkin karena waktu itu sempat cerita ke Pak Parwez, pas lagi ngedit pagi-pagi. Saya inget punya cerita masa kecil. Saya lahir di tembakau dan saya dihantui sama hantu lampor. Dipercaya kalau habis Magrib enggak boleh main, kecuali belajar ngaji, terus pulang," papar Guntur Soeharjanto, saat ditemui di konfrensi pers film Lampor Keranda Terbang di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Kemudian, horor yang seperti apa yang mau dibikin? Kita harus bikin horor yang engga sekadar horor. legenda urban penting banget, enggak cuma takut, tapi ada legenda urban di Temanggung seperti ini. Khasanah Indonesia enggak bisa terlepas dari mistis. Saya pernah dengar suaranya (Lampor). Waktu SMP ya. Wil wo itu artinya dijawil dan digowo (dicolek dan dibawa). Banyak mitos sebenarnya tentang latar belakang lampor. Syutingnya berat banget," tambahnya.

Film yang diperankan oleh Adinia Wirasti, Dion Wiyoko, Nova Eliza, Annisa Hertami, Dian Sidik, Unique Priscilla, Mathias Muchus, hingga Steffi Zamora ini akan mulai tayang pada 31 Oktober 2019. Bahkan film tersebut sengaja di rilis bertepatan dengan perayaan Halloween 2019.

Sebagai produser, Chand Parwez Servia mengatakan bahwa dirinya sangat tertarik untuk memfilmkan kisah masa kecil dari sutradara film Ayat-Ayat Cinta 2 tersebut. Apalagi cerita yang diangkat merupakan sebuah fakta, yang belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia.

"Kenapa film ini dibuat? Saya sudah rada jenuh dengan horor kebanyakan. Tapi mas Guntur cerita soal masa kecilnya di Temanggung. Dia cerita kejadian nyata, bahwa ada orang yang keluarganya diambil lampor, ada yang mati, ada yamg kembali tapi gila," ujar Chand Parwes Servia selau produser.

Baca Juga:

Mark Westlife Umumkan Kelahiran Bayi Bersama Kekasih Prianya

Asisten Nia Ramadhani Bongkar Chat Raffi Ahmad dan Nagita Slavina?

Pemain Lampor Keranda Terbang


"Jadi begitu dengat seperti itu, saya tahu ini fakta. Saya mencoba melihat lagi, saya harus bikin horor yang beda, agar masyarakat tahu ada hal nyata, ada kejadian di antara kita, yang perlu kita ketahui. Penulisnya juga tahu tentang cerita ini dan ini fakta," sambungnya.

Sementara itu, Dion Wiyoko dan Adinia Wirasti kembali didapuk untuk menjadi pasangan suami istri seperti dalam film Cek Toko Sebelah. Lampor Keranda Terbang juga menjadi debut Adinia Wirasti pula dalam film bergenre horor.

"Ini horor pertama saya. Ternyata syuting horor enggak gampang. Ini full of effort gitu. Adegan sesimpel apapun harus dilakukan dengan benar," ucap Adinia Wirasti.

"Kalau saua sudah sekian tahun enggak pernah main horor dan akhirnya beranikan lagi main lampor. Cerita menarik, dan kearifan lokalnya, jadi alasan mau balik ke horor. Karena tahu pasangannya Adinia Wirasti, jadi karakter-karakternya menarik. Pas diceritain mas Guntur dengan legenda urban tentang lampor jadi penasaran. Lampor tuh ada enggak sih? Itu jadi alasan utama gabung di Lampor," timpal Dion Wiyoko.

Sebagaimana diketahui, Lampor Keranda Mayat menceritakan tentang keluarga pasangan Edwin (Dion Wiyoko) dan Netta (Adinia Wirasti) bersama kedua anak mereka, Adam (Bimasena) dan Sekar (Angelia Livie), yang memilih berkunjung ke kampung halaman Netta di Temanggung, usai kematian ibunya. Niat awal kedatangan untuk meminjam uang dan menemui ayahnya, Pak Jamal (Mathias Muchus), Netta justru mendapati ayahnya telah meninggal dunia.

Baca Juga:

Bebby Fey Ungkap Bagian Tubuh Atta Halilintar yang Paling Disukai

Umumkan Band Baru, Eks Gitaris Slank Kembali ke Industri Musik


Tak hanya sampai di situ, kedatangan Netta bahkan dianggap sebagai pembawa musibah oleh warga kampung. Sebab, beberapa waktu sebelum kedatangan Netta dan keluarganya, teror Lampor, setan pembawa keranda terbang yang telah lama tak datang, kembali hadir di desa mereka.

Kembalinya Lampor ke desa mereka diketahui terjadi lantaran adanya skandal busuk di kampung mereka. Bahkan akibat hal tersebut beberapa kejadian menyeramkan dialami oleh warga, serta Netta dan keluarganya. Bahkan sang putra, Adam, diketahui juga sempat menghilang dari rumah.

1
3
BERITA FOTO
+ 6

Ketika 3 Pemain Film Horor Kutuk Mampir ke Kantor Redaksi Okezone

Tiga pemain film Kutuk; Shandy Aulia, Bryan Mckenzie, dan Vitta Mariana, saat media visit ke Kantor Redaksi Okezone.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini