nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Raditya Dika Ungkap Kunci Sukses Jadi Pengusaha Kreatif di Dunia Digital

Lintang Tribuana, Jurnalis · Minggu 08 September 2019 14:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 08 33 2102088 raditya-dika-ungkap-kunci-sukses-jadi-pengusaha-kreatif-di-dunia-digital-BNwRp9WBJ6.jpg Raditya Dika dan Anissa Aziza (Foto: Youtube Raditya Dika)

JAKARTA - Raditya Dika menjadi salah satu pembicara dalam acara CEO Club. Youtuber 34 tahun tersebut memaparkan kunci yang digunakannya agar sukses dalam bisnis kreatif dengan menggunakan dunia digital, khusunya Youtube.

Raditya Dika mengaku bahwa ia selalu memposisikan dirinya sendiri sebagai media. Menurutnya itu adalah bentuk tanggung jawabnya sebagai seseorang yang memiliki followers banyak di berbagai platform media sosial.

"Karena itu gue menganggap diri gue sebagai media dan harus netral," ungkap Raditya.

Baca Juga:

Idap Autoimun, Raditya Dika Harus Periksa Kesehatan Rutin ke Singapura

KKN Desa Penari, Terdengarnya Kidung Jawa hingga Sikap Aneh Bima

Raditya Dika


Setelah seseorang sudah mengklaim dirinya sebagai sebuah media sejajar dengan media konvensional lainnya, hal itu memiliki implikasi dengan tiga kunci lain yang ia gunakan dalam menyelami bisnis di dunia digital.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memiliki perencanaan konten. Poin tersebut sangat membantu Raditya Dika dalam menggarap konten-konten vlog di Youtube nya.

"Gue punya orang creative sendiri. Tiap hari gue udah tahu mau bikin apa, jadwal syutingnya kapan, mau kerja sama siapa. Kita punya konten planning," jelasnya.

Kedua Radit mengungkapkan pentingnya memiliki manajer dan tim. Menurutnya kehadiran mereka akan membuat semuanya pengelolaan berjalan dengan profesional.

"Pakai manajer, ya kan ngaruh. Karier gue jadi lebih berkembang, lebih enak, nyaman dan semuanya diurusin," jelasnya.

Kemudian Raditya juga mengungkap hal penting yang ketiga. Yakni memiliki sales account relations. Cara mendapatkan uang dari media sosial, seperti Youtube, adalah melalui iklan yang biasanya muncul sebelum video memutar.

Baca Juga:

Pamer Pakaian Dalam, Clara Duo Semangka: Ukurannya Gede Banget

Denny Darko Ungkap Pesan dari Saudara Raffi Ahmad yang Sudah Meninggal

Raditya Dika


Ketiga hal yang sudah dipaparkannya itu memiliki keterkaitan dengan etika seseorang. Karena menurut Raditya, tujuan untuk memiliki uang dari sosial media akan sulit tercapai jika konten video yang dibuat mengandung bahasa kasar, kekerasan, dan konten dewasa.

"Maka kita harus punya etikanya dulu, karena kalau semuanya dilanggar, terutama Youtube enggak akan ada yang mau beriklan di tempat kita," pungkas Raditya.

Seperti diketahui, CEO CLUB merupakan acara yang diselenggarakan oleh Creativeprenuer Event Creator dan Duta Bangsa. Berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu, tepatnya pada tanggal 7-8 September 2019 di Kantorkuu Co-Working and Office Space, Jakarta Selatan.

1
2
BERITA FOTO
+ 10

Hamil 6 Bulan, Istri Raditya Dika Dapat Kejutan Baby Shower

Momen Anissa Aziza saat foto bersama sahabat dan keluarganya saat diberi kejutan baby shower. (Foto: Instagram kykuu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini