nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kucumbu Tubuh Indahku, Film Garin Nugroho tentang Metafora Tubuh

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Senin 15 April 2019 19:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 15 206 2043856 kucumbu-tubuh-indahku-film-garin-nugroho-tentang-metafora-tubuh-QZyCGBkgUe.jpg Poster film Kucumbu Tubuh Indahku (Foto: Ist)

JAKARTA - Garin Nugroho baru saja merilis film terbarunya, Kucumbu Tubuh Indahku atau Memories of My Body. Setelah berkeliling di berbagai festival film dunia, film ini akhirnya akan tayang di bioskop pada tanggal 18 April 2019.

Kucumbu Tubuh Indahku mengangkat sebuah tema berbeda yang cukup berani, soal maskulin feminin di dalam tubuh seorang penari Lengger. Bagi Garin, film ini adalah sebuah metafora agar masyarakat bisa mengerti bahwa tubuh kita menangkap semua memori yang pernah dialami selama hidup sampai tua nanti.

Baca Juga: 

Mual dan Mengaku Datang Bulan, Lucinta Luna Dihujat Netizen

Usaha Sarah Azhari Nyoblos di Amerika


"Jadi ini memang metafora tubuh kita itu tubuh yang terperangkap dalam trauma-trauma yang tidak bisa dipecahkan masalahnya," kata Garin saat ditemui di Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Tujuan dari Garin menciptakan film ini adalah bahwa trauma yang terpendam dalam tubuh seseorang akan mempengaruhi tubuh orang tersebut. Hal serupa digambarkan langsung secara ciamik lewat kisah hidup Juno, sang penari Lengger atau tokoh utama di film ini.

"Tujuannya adalah untuk menyadarkan semua orang, tubuh itu adalah sebuah perpustakaan, sebuah sejarah, sebuah cerita. Dan setiap individu atau bangsa punya trauma sendiri-sendiri. Kita ingin menyampaikan bahwa kalau trauma itu tidak bisa dipecahkan setiap periode akan selalu muncul," paparnya.

Dalam film ini tokoh Juno ditampilkan dalam tiga usia berbeda. Juno muda diperankan oleh Raditya Evandra, Juno remaja oleh Muhamad Khan, dan Juno dewasa oleh Rianto. Selain itu ada juga beberapa pemain lain seperti Sujiwo Tejo, Randy Pangalila, dan Teuku Rifnu Wikana.

(aln)

BERITA FOTO
+ 5

Pose Nikita Mirzani di Atas Ranjang, Banyak Tato di Tubuhnya

Tato tersebut menghiasi punggung dan lengan Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini