nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Nomine Film Terbaik Oscar 2019

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Minggu 24 Februari 2019 09:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 24 206 2022035 8-nomine-film-terbaik-oscar-2019-8fEC2tIc7L.jpg The Oscar (Foto: Daily Cardinal)

JAKARTA - Ajang penghargaan tertinggi untuk insan perfilman dunia, Academy Awards atau Oscar, siap kembali dihelat. Bertempat di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Oscar 2019 menghadirkan delapan film yang siap memperebutkan piala dalam nominasi Best Picture atau Film Terbaik.

Beberapa kontroversi turut mewarnai Oscar tahun ini. Masuknya Black Panther sebagai salah satu nomine di Best Picture, masuk dan keluarnya Kevin Hart sebagai pembawa acara, serta kabar terkait dipotongnya penyerahan piala dalam beberapa kategori demi mempersingkat durasi adalah contoh kontroversi yang mewarnai jelang Oscar tahun ini.

Nominasi Best Picture tahun ini terbilang miskin genre jika dibandingkan nominasi tahun sebelumnya. Namun hal itu belum tentu mengurangi keseruan dari perebutan Film Terbaik yang selalu ditunggu-tunggu oleh para penikmat film di seluruh dunia.

Okezone telah merangkum ulasan singkat delapan film yang masuk nominasi Best Picture tahun ini. Simak ulasannya berikut ini.

1. A Star Is Born

A Star Is Born

Bradley Cooper mengawali debut sebagai sutradara melalui film A Star Is Born. Tanpa disangka, debutnya di kursi sutradara langsung diapresiasi dengan masuk ke dalam satu dari delapan calon Film Terbaik Oscar tahun ini.

A Star Is Born adalah film remake keempat dengan judul sama setelah perilisan di tahun 1937, 1954, dan 1976. Sayangnya, film ini tidak membawa warna dan nafas baru dari segi cerita. Kehadiran Lady Gaga dan deretan musik papan atas yang menjadi soundtrack tercatata sebagai hal-hal baru yang coba ditawarkan dari A Star Is Born.

Selain bersaing dalam perebutan Best Picture, A Star Is Born juga masuk ke dalam beberapa nominasi lain di Oscar ke-91 ini. A Star Is Born mendapatkan total delapan nominasi, di antaranya adalah Best Achievement in Music Written for Motion Pictures (Original Song), Best Achievement in Sound Mixing, Best Performance by an Actor in a Leading Role (Bradley Cooper), Best Performance by an Actress in a Leading Role (Lady Gaga), Best Performance by an Actor in a Supporting Role (Sam Elliot), Best Adapted Screenplay, dan Best Achievement in Cinematography.

 2. Black Panther

Black Panther

Black Panther menjadi perdebatan setelah masuk ke dalam nominasi Best Picture Oscar tahun ini. Meski memberikan dampak begitu besar dalam perfilman dunia, Black Panther masih dirasa belum pantas untuk bersaing di dalam kategori Film Terbaik Oscar.

Sekadar informasi, Black Panther menjadi film superhero pertama yang bersaing dalam kategori ini. Padahal di tahun-tahun sebelumnya, film-film superhero keren seperti Logan atau bahkan Wonder Woman selalu gagal masuk dalam nominasi ini.

Secara keseluruhan film yang dibintangi oleh Chadwick Boseman ini mendapatkan tujuh nominasi, yakni Best Achievement in Music Written for Motion Pictures (Original Score), Best Achievement in Music Written for Motion Pictures (Original Song), Best Motion Picture of the Year, Best Achievement in Costume Design, Best Achievement in Production Design, Best Achievement in Sound Editing, dan Best Achievement in Sound Mixing. Mampukah Black Panther mencetak sejarah sebagai film superhero pertama yang meraih penghargaan Best Picture?

3. BlacKkKlansman

BlacKkKlansman

BlacKkKlansman menjadi salah satu nominasi terkuat peraih Best Picture Oscar tahun ini. Dengan mengangkat tema ras kulih hitam dan kulit putih, dan Yahudi di tahun 1970-an, film garapan sutradara Spike Lee ini menceritakan kisah penyusupan seorang detektif ke dalam Ku Klux Klan (KKK), sebuah sekte yang mengagungkan supremasi ras kulit putih.

Walaupun memiliki plot cerita yang kompleks dan cukup berat, Spike Lee berhasil menyulap filmnya menjadi sebuah tontonan yang menyenangkan. Semua itu tak lepas dari kualitas akting John David Washington yang berperan sebagai pemeran utama bernama Ron Stallworth. Akting John di dalam film ini terasa sangat mengagumkan karena memberi sentuhan-sentuhan komedi yang terkadang bisa mencairkan suasana di dalam film.

BlacKkKlansman melaju ke Oscar tahun ini dengan enam nominasi, yaitu Best Achievement in Music Written for Motion Pictures (Original Score), Best Motion Picture of the Year, Best Adapted Screenplay, Best Achievement in Directing (Spike Lee), Best Performance by an Actor in a Supporting Role (Adam Driver),dan terakhir Best Achievement in Film Editing.

4. Bohemian Rhapsody

Bohemian Rhapsody

Siapa yang tak kenal dengan lagu Bohemian Rhapsody milik band legendaris asal Inggris, Queen? Lagu berdurasi lebih dari enam menit tersebut ternyata memiliki kisah panjang di balik pembuatannya.

Kisah biografri vokalis Queen, Freddie Mercury (Rami Malek), diangkat melalui film Bohemian Rhapsody garapan sutradara Bryan Singer. Meski bisa dibilang sebagai sebuah film musikal seru dan menyenangkan, film ini melaju ke Best Picture Oscar dengan tanda tanya besar. Hal itu tak lepas dari adanya beberapa fakta di kehidupan nyata yang dipelintir dan didramatisasi demi keutuhan sebuah film.

Bohemian Rhapsody melaju ke ajang Oscar dengan kepercayaan diri tinggi setelah sukses mendapat penghargaan Best Picture - Drama dalam ajang Golden Globes. Total Bohemian Rhapsody mengantongi lima nominasi, yakni Best Motion Picture of the Year, Best Performance by an Actor in a Leading Role (Rami Malek), Best Achievement in Film Editing, Best Achievement in Sound Editing, dan Best Achievement in Sound Mixing.

5. Green Book

Green Book

Kandidat terkuat lain peraih Best Picture Oscar tahun ini adalah Green Book. Film tentang perjalanan dua manusia yang saling bertolak belakang satu sama lain ini menonjolkan banyak nilai penting yang bisa dipetik oleh para penonton.

Green Book adalah film tentang perjalanan seorang pianis kulit hitam bernama Don Shirley (Mahersala Ali) dan sopirnya yang berasal dari ras kulit putih Tony Vallelonga (Viggo Mortensen) menjalani tur di Amerika bagian Selatan yang masih kental dengan rasisme di tahun 1962. Karakter Shirel dan Tony yang begitu berbeda justru menjadi sebuah tontonan yang seru dengan dialog-dialog keren di sepanjang filmnya. Akting kedua aktor tersebut juga sangat maksimal sehingga keduanya mendapatkan nominasi tersendiri dalam Oscar kali ini.

Green Book secara keseluruhan hanya mendapat lima nominasi dalam Oscar kali ini. Nominasi yang mereka dapatkan di antaranya adalah Best Motion Picture of the Year, Best Performance by an Actor in a Leading Role (Viggo Mortensen), Best Performance by an Actor in a Supporting Role (Mahersala Ali), Best Original Screenplay, danBest Achievement in Film Editing.

6. Roma

Roma

Roma menjadi topik utama perbincangan dalam Best Picture Oscar 2019. Kehadiran Roma dalam nominasi ini dipertanyakan oleh sejumlah pihak lantaran mereka berasal dari layanan streaming Netflix. AMPAS lantas menjadi sasaran empuk kritikan karena seharusnya tidak memasukkan Roma ke dalam nominasi ini.

Sebagai pihak yang mendukung kemajuan dan perkembangan film-film bioskop, kehadiran Roma memang cukup mengejutkan. Beberapa pengamat film mengatakan bahwa Roma tidak bisa menghadirkan pengalaman menonton di dalam bioskop layaknya nomine lain. Meskipun tak bisa dipungkiri film arahan Alfonso Cuaron ini adalah film dengan sinematografi terapik dan cerita yang cukup menarik.

Uniknya lagi, Roma juga masuk dalam nominasi Best Foreign Language Film of the Year pada Oscar tahun ini. Roma tercatat sebagai film dari Best Picture yang memiliki jumlah nominasi terbanyak, yakni 10 nominasi yang terdiri dari Best Foreign Language Film of the Year, Best Achievement in Directing (Alfonso Cuaron), Best Achievement in Cinematography, Best Motion Picture of the Year, Best Performance by an Actress in a Leading Role (Yalitza Aparicio), Best Performance by an Actress in a Supporting Role (Marina de Tavira), Best Original Screenplay, Best Achievement in Production Design, Best Achievement in Sound Editing, dan Best Achievement in Sound Mixing.

7. The Favourite

The Favourite

Sutradara Yorgos Lanthimos kembali meramaikan persaingan Oscar setelah sebelumnya masuk saat merilis The Lobster pada tahun 2015. Kali ini Yorgos hadir dengan cerita yang lebih segar, yakni tentang seorang Ratu menyedihkan bernama Anne (Olivia Colman). Anne harus menjalankan tahta kerajaan dengan segala nasihat dan bantuan dari Sarah (Rachel Weisz). Hubungan Anne dan Sarah mulai terusik ketika Abigail (Emma Stone) datang dan masuk sebagai pelayan kerajaan. Seiring berjalannya waktu perebutan predikat menjadi favorit sang Ratu menjadi konflik utama yang mewarnai film ini.

The Favourite merupakan film yang apik dari berbagai bidang. Naskah skenario kuat, dialog mendalam, komedi absurd khas Yorgos, dan juga akting ketiga aktor perempuannya membuat film ini sebagai salah satu jagoan di Oscar kali ini.

Sama halnya seperti Roma, The Favourite juga mendapatkan 10 nominasi pada tahun ini. Nominasi-nominasi tersebut adalah Best Original Screenplay, Best Achievement in Production Design, Best Achievement in Costume Design, Best Motion Picture of the Year, Best Achievement in Directing (Yorgos Lanthimos), Best Performance by an Actress in a Leading Role (Olivia Colman), Best Performance by an Actress in a Supporting Role (Rachel Weisz), Best Performance by an Actress in a Supporting Role (Emma Stone), Best Achievement in Cinematography, dan Best Achievement in Film Editing.

8. Vice

Vice

Vice adalah kisah dari wakil presiden Amerika Serikat yang paling berpengaruh sepanjang masa. Dick Cheney (Christian Bale), pernah menjabat sebagai wakil presiden George W. Bush pada periode 2001-2009.

Latar belakang Dick yang seorang pemabuk dan lulus dari Universitas Wyoming dan mendapatkan gelar Phd dari Universitas Winconsin sebelum terjun ke dunia politik menjadi alasan keseruan di film ini. Kariernya di dunia politik terus menanjak hingga akhirnya ia diminta Bush menjadi sekretaris pertahanan sebelum menjabat wakil presiden.

Penampilan Christian Bale di film ini menjadi perhatian semua penikmat film. Berperan sebagai Dich Cheney, Bale harus mengalami transformasi badan yang cukup ekstrem lagi. Ia tampil dengan perut besar membuncit dan gaya bicara khas Dick. Karena totalitas akting itu juga Bale masuk dalam nominasi Pemeran Utama Terbaik pada Oscar tahun ini.

Vice total mendapatkan delapan nominasi pada pagelaran Oscar kali ini, meliputi Best Achievement in Makeup and Hairstyling, Best Performance by an Actress in a Supporting Role (Amy Adams), Best Performance by an Actor in a Supporting Role (Sam Rockwell), Best Performance by an Actor in a Leading Role (Christian Bale), Best Motion Picture of the Year, Best Achievement in Directing (Adam McKay), Best Original Screenplay, dan Best Achievement in Film Editing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini