nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lagu 'Sunset di Tanah Anarki' Dibuat Dangdut, Bens Leo: Via Vallen Salah!

Rena Pangesti, Jurnalis · Minggu 18 November 2018 17:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 18 205 1979421 lagu-sunset-di-tanah-anarki-dibuat-dangdut-bens-leo-via-vallen-salah-lPQTtSyRVk.jpg Foto: Instagram

JAKARTA - Pengamat musik Bens Leo angkat bicara soal polemik diantara Jerinx SID dan Via Vallen. Menurut Leo, wajar bila Jerinx selaku pemilik lagu Sunset Di Tanah Anarki tersebut murka. Mengingat penggunaan lagunya saat Via Vallen tampil off air adalah tanpa seizin pemilik lagu tersebut.

Hingga akhirnya Via Vallen meminta maaf atas lagu yang digunakan. Hal itu pun disampaikan oleh pelantun lagu Sayang ini melalui laman Instagram pribadinya.

"Bagi saya, Via Vallen itu salah. Mengapa? Ya itu tadi karena menyanyikan lagu seseorang tanpa seizin pemilik lagu. Apalagi jika melodinya pun digubah, dan pemilik lagu tidak menyukai, mereka boleh melarang lagu itu untuk dinyanyikan kembali," ujar Bens Leo saat dihubungi melalui sambungan telefon pada Minggu (18/11/2018).

(Baca juga: Ditanya Soal Polemik dengan Via Vallen, Jerinx Masih Bungkam)

Bens Leo menerangkan, dalam undang-undang diatur soal hak cipta. Disana juga diatur terkait adanya pembagian royalti dari penyanyi yang melakukan cover lagu kepada sang pencipta.

"Meskipun hanya sekedar menggunakan lagu itu untuk dinyanyikan, tetap saja ada undang-undang yang mengaturnya. Dari banyaknya pembahasan untuk royalti, UU Hak Cipta Nomor 28 Tahun 2014 contohnya," ujar Leo.

"UU Hak Cipta Nomor 28 Tahun 2014 antara lain mengamanatkan pemberian royalti pada Hak Terkait seperti Penyanyi, Pemain Musik (gitar, drum, bas, keyboards, piano, suling, kendang, biola dll). Jadi sudah ada aturannya," lanjut Leo.

(Baca juga: Jerinx SID 'Sentil' Via Vallen soal Lagu 'Sunset di Tanah Anarki')

Tentu sebagai public figure yang kini tengah bersinar namanya Via Vallen dianggap cukup mampu untuk membayar royalti kepada sang pemilik lagu.

"Saya tahu jika Via Vallen itu bisa mendapatkan puluhan sampai ratusan juta dalam pentasnya, masa iya bayar royalti yang hanya berapa persen menolak? Atau mungkin dari pihak manajemennya bisa dijelaskan mengenai hak dan kewajiban itu," papar Leo.

Bens Leo pun berharap jika permasalahan antara Jerinx SID dan Via Vallen bisa dijadikan contoh, agar kedepannya para insan seniman bisa saling menghargai karya satu sama lain.

(sus)

BERITA FOTO
+ 7

Potret Via Vallen, Pakai Hijab Terlihat Lebih Cantik

Via Vallen dengan sweater dan topi pink bak barbie. (Foto: Instagram viavallen)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini