Share

Profil Bens Leo: Pengamat Musik yang Gagal Daftar AKABRI

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Senin 29 November 2021 10:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 33 2508887 profil-bens-leo-pengamat-musik-yang-gagal-daftar-akabri-exfg2Paxsy.jpg Profil Bens Leo. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Benediktus Hadi Utomo atau akrab disapa Bens Leo merupakan pengamat musik Tanah Air yang lahir di Pasuruan, Jawa Timur, pada 8 Agustus 1952. Dia mengembuskan napas terakhirnya di usia 69 tahun, pada 29 November 2021.

Sebelum meninggal dunia, Bens Leo dikabarkan sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Fatmawati Jakarta Selatan lantaran terpapar COVID-19. Tak hanya itu, kondisinya diketahui sempat menurun dan saturasi oksigennya tak stabil. 

"Kondisi Mas Bens masih seperti kemarin. Belum stabil. Dia dalam kondisi sadar penuh, namun masih sesak. FYI, Mas Bens sudah dua kali vaksin Sinovac, Maret dan April 2021," tulis kerabat mendiang, Niny Sunny, lewat Instagram belum lama ini.

"Hasil lab CRP kemarin tiba-tiba naik dari 3 menjadi 15 (pertanda ada inflamasi). Tapi kemarin turun jadi 7. Begitu pula dengan saturasinya. Kata Mbak Pauline (istri mendiang), angka ini bisa lari-larian. Tiba-tiba membaik bisa capai 97, tapi salah posisi tidur saja bisa turun jadi 92," imbuhnya.

Baca juga: Bens Leo Meninggal Dunia Akibat COVID-19

Bens Leo memiliki keahlian dibidang musik dan terdaftar sebagai anggota awal tim sosialisasi Anugerah Musik Indonesia (AMI). Ia juga dikenal sebagai pencari bakat dan produser musik. Dirinya juga sempat memproduseri album hits milik Kahitna, Cerita Cinta

Karier Bens Leo berawal dari dirinya yang sempat gagal mengikuti pendidikan AKABRI, lantaran terlambat mendaftar di sekolah penerbangan Curug. Dia kemudian menjajali profesi sebagai jurnalis setelah wawancaranya dengan anggota Koes Plus, Tonny Koeswoyo dimuat salah satu surat kabar nasional.

Menjadi jurnalis bidang Seni Budaya, Bens Leo juga sempat mewawancarai band legendaris Panbers, hingga meliput Festival Lagu Pop Indonesia. Ia juga sempat ditunjuk sebagai anggota Dewan Juri Festival Lagu Pop Indonesia di World Popular Song Festival di Tokyo, Jepang.

Bahkan Bens Leo sempat diundang atas nama pribadi sebagai wartawan musik dari Indonesia untuk meliput World Popular Song Festival 1976. Kala itu, dia mendampingi Guruh Soekarno Putra, Grace Simon dan Idris Sardi.

Baca juga: Positif Covid-19, Bens Leo dan Keluarga Dirawat di Rumah Sakit

Pada 2000, Bens Leo diajak Maci Gunawan untuk membangun media cetak khusus musik bernama NewsMusik. Namun pada 2003, dia memilih untuk mengundurkan diri.  

Sementara itu, Bens Leo merupakan suami dari seorang dokter spesialis gizi bernama Pauline Endang Praptini. Dari pernikahan tersebut, sang pengamat musik dikaruniai seorang anak bernama Addo Gustaf Putera.*

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini