nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puasa Syawal, Cara Lula Kamal Kembalikan Pola Makan Sehat Pasca Lebaran

Hana Futari, Jurnalis · Kamis 21 Juni 2018 00:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 20 33 1911940 puasa-syawal-cara-lula-kamal-kembalikan-pola-makan-sehat-pasca-lebaran-79yVLG3K9V.png Foto: Dok Okezone

JAKARTA – Momentum hari raya Idul Firi sering kali diidentikan dengan makanan-makanan yang jarang dijumpai di hari biasa. Sebagian besar hidangan khas lebaran tersebut mengandung lemak yang tak baik untuk tubuh. Pola makan saat lebaran pun biasanya berubah. Untuk mengembalikan pola makan sehat seusai lebaran, Lula Kamal memilih untuk puasa di Bulan Syawal.

Meski terjadi satu tahun sekali, pola makan saat hari raya Idul Fitri harus juga dipertimbangkan. Menurut artis yang juga seorang dokter ini, pengendalian diri terhadap makanan memang sangat diperlukan. Mengingat di berbagai wilayah di Indonesia masih menganut tradisi makan bersama di setiap kediaman keluarga yang dikunjungi.

“Sebenarnya sih kalau paling gampang, seminggu setelah lebaran mulai berpuasa di bulan Syawal. Puasa Syawal itu berguna untuk mengembalikan pola makan yang sempat berubah drastis setelah lebaran. Kalau enggak, habis semua yang baik yang kita dapat dari Ramadan, termasuk pola makan,” ujar Lula saat dihubungi oleh Okezone, Rabu (20/6/2018).

(Baca juga: Saat Berpuasa, Lula Kamal Kurangi Kegiatan Berpikir Berat)

 

“Puasa Syawal selama enam hari, habis itu makan seperti biasa. Kalau masih ada kue-kue, lebih baik dibagikan saja supaya euforia makan saat lebaran selesai sampai di situ,” lanjut istri dari Andi Mulyadi Tirtasasmita itu.

Lula Kamal mengakui jika puasa setelah lebaran telah dilakukannya rutin selama bertahun-tahun. Menurut ibu tiga anak ini, puasa sangat menolong sekali dalam mengembalikan kebiasaan makan sehari-hari. Tak hanya itu, ketika berpuasa, secara otomatis seseorang juga akan berhenti memakan makanan kecil yang sebenarnya memiliki andil besar dalam menyumbang kalori untuk tubuh.

Lula pun menambahkan, kebiasaan mengemil itu lah yang menyebabkan tubuh kelebihan kalori. Dari melaksanakan puasa Syawal, Lula pun dapat menilai apa saja makanan yang harus dikurangi dan membawa kebiasaan di luar Ramadan.

(Baca juga: Lula Kamal Ungkap Kunci Penting Lancar Berpuasa)

“Cuma memang yang namanya keluarga besar, kalau ngumpul pasti makan. Jadi akhrinya tungguin deh lima sampai tujuh hari setelah lebaran, pasti sudah selesai acara makan-makannya dan memulai puasa Syawal dan mulai pola makan yang baru lagi,” pungkas Lula.

Seperti diketahui, Lula kamal merupakan seorang dokter, artis dan pembawa acara. Wajar saja apabila wanita 48 tahun ini begitu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini