DC Comics Juga Punya 4 Pahlawan Muslim, Nomor 1 Berasal dari Palestina

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Jum'at 11 Mei 2018 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 11 206 1897138 dc-comics-juga-punya-4-pahlawan-muslim-nomor-1-berasal-dari-palestina-eGW4BImFdP.jpg Bilal Aisselah sebagai Nightrunner (Foto: DC)

JAKARTA - Sama seperti Marvel Comics, DC Comics ternyata juga memiliki pahlawan muslim lho. Namun seperti biasa, kepopuleran dari superhero tersebut tidak sebesar para superhero utama lainnya.

Jika di Marvel Comics Okezone berhasil menemukan lima pahlawan muslim, di DC Comics ternyata hanya terdapat empat superhero saja. Meski lebih sedikit, namun tetap saja kita harus apresiasi kehadiran dari keempat superhero ini.

Nah, tanpa berlama lagi, inilah empat superhero DC Comics yang ternyata adalah seorang muslim, seperti telah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

4. Davood Nassur (Sinbad)

 Sinbad, Foto: DC

Karakter superhero DC Comics pertama yang ternyata seorang muslim adalah bocah bernama Davood Nassur. Dia berhasil mendapatkan kekuatan super ketika sebuah bom kimia di kota dia tinggal, Qurac, meledak.

Sesaat setelah terpapar ledakan, Nassur pun jatuh sakit. Namun setelah mendapatkan pengobatan, dia menjadi seorang dengan kemampuan super. Namun, kala itu dia belum menjadi pahlawan bernama Sinbad.

Nama ini dia dapatkan setelah secara tidak sengaja dia menginjak sebuah sabuk milik Lex Luthor, yang merupakan sebuah purwa rupa senjata. Saat menginjak sabuk inilah, dia tak sengaja menyebut kata Sinbad dan berubah menjadi pahlawan super.

3. Bilal Aisselah (Nightrunner)

 Bilal Aisselah, Foto: DC

Bilal Aisselah adalah seorang pemuda biasa dari Paris, Perancis. Dia tumbuh sebagai manusia biasa. Namun, pada ulang tahun keenam belas, dia dan sahabatnya Arif ditangkap di tengah-tengah protes Prancis-Muslim dan dipukuli oleh polisi.

Meskipun mereka sembuh, Arif kemudian harus berhadapan polisi lagi dan dia dibunuh setelah membakar kantor polisi yang telah memukuli mereka. Larut dalam kesedihan, Bilal pun memutuskan untuk mencari keadilan.

Dia pun kemudian melatih dirinya sebagai ahli parkour dari berbagai tempat. Setelah latihan bertahun-tahun, dia pun menjadi seorang vigilante bertopeng bernama Nightrunner.

Hidupnya berubah pada saat Batman dan Dick Grayson bertemu dengan dirinya. Melihat latar belakang Bilal beserta visinya, dia pun dipilih menjadi perwakilan Prancis dari Batman Incorporated.

Dia menerima apartemen sebagai pangkalan rahasia dan peralatan tempur dari Bruce Wayne. Kemudian Bilal mendapatkan pelatihan khusus dari Dick Grayson.

Awalnya, ia dihina oleh para Muslim di Prancis karena mereka memandangnya sebagai orang Amerika yang membenci cita-cita mereka. Namun, Batman menyarankan dia untuk menganggap dirinya sebagai simbol dan bahwa ia dapat mengubah cara orang memandangnya.

2. Simon Baz (Green Lantern)

 Simon Baz, Foto DC

Dalam dunia Green Lantern milik DC Comics, berbagai golongan dapat menjadi pahlawan saat menerima kekuatan dari Green Lantern. Tak terkecuali Simon Baz, seorang keturunan Lebanon-Amerika yang merupakan seorang muslim yang sangat taat.

Hal ini membuat Simon menjadi seorang Green Lantern muslim pertama di dalam seri tersebut. Simon dikabarkan muncul setelah serangan 9/11 terjadi, dan merupakan ciptaan artis komik bernama Doug Mahnke.

Cerita awal menyatakan bahwa Simon diangkat menjadi Green Lantern oleh Green Lantern Corp. setelah melihat usahanya dalam menyelamatkan orang-orang dari mobil berisi bom. Namun sayangnya, mobil tersebut merupakan mobil curian.

Dia kemudian membantu mengalahkan Third Army dan First Lantern. Setelah itu, dia diangkat masuk menjadi anggota The Justic League dan seluruh tuntutan kriminalnya dihapuskan. Semenjak itulah dia menjadi seorang pahlawan seutuhnya

1. Kahina Eskandari (Iron Butterfly)

Kahina Eskandari, Foto: DC

Kahina Eskandari diceritakan sebagai seorang Palestina yang memiliki kemampuan untuk menggerakkan dan membentuk logam. Kemampuan inilah yang kemudian membuat dirinya mendapatkan julukan Iron Butterfly.

Baju besi yang dimiliki olehnya membentuk sebuah baju perang bergaya abad pertengahan. Kabarnya, baju besi ini tidak dapat hancur meski dia telah di tembaki dengan senjata besar sekalipun.

Namun ternyata, karakter ini pertama kali dibuat oleh Milestone Comics. Akan tetapi, DC Comic melihat potensi dari karakter ini dan kemudian memboyong Iron Butterfly kedalam komik mereka.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini