Bioskop Pertama di Arab Saudi Dibuka, Black Panther Jadi Film Perdana yang Tayang

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Kamis 05 April 2018 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 05 206 1882726 bioskop-pertama-di-arab-saudi-dibuka-black-panther-jadi-film-perdana-yang-tayang-xpSAIoExn8.JPG

LOS ANGELES – Black Panther siap untuk menjadi film perdana yang tayang di Arab Saudi setelah dunia layar lebar dilarang selama 35 tahun. Distributor Timur Tengah akan menayangkan pahlawan Wakanda pada tanggal 18 April mendatang di Riyadh, Arab Saudi.

Gala premiere Black Panther ini akan menjadi penayangan publik perdana setelah Kerajaan Arab melarang pada awal tahun 1980-an. Sekadar informasi, Arab Saudi mengadopsi standar agama ultrakonservatif pada tahun 1979. Penghapusan larangan film sendiri akhirnya diumumkan pada akhir Desember lalu sebagai bagian dari kebijakan Putra Mahkota Muhammad bin Salman.

Diberitakan Variety, Kamis (5/4/2018), film yang dibintangi oleh Chadwick Boseman ini akan meresmika era baru Arab Saudi di sebuah bioskop mewah yang dilengkapi 600 kursi kulit yang berlokasi di King Abdullah Financial Districk di Riyadh. Gedung tersebut awalnya berfungsi sebagai ruang konser simfoni yang dilengkapi dengan orkestra lengkap, balkon, dan kamar mandi mewah dengan batu marmer.

Baca juga: Sempat Ditunda, Sidang Hak Cipta Benyamin Biang Kerok Kembali Digelar

Baca juga: Mengaku Dihamili Enji Eks Ayu Ting Ting, Wanita Ini Bantah Lakukan Pemerasan

AMC Entertainment, yang dimiliki oleh konglomerat asal China, Dalian Wanda, rencananya akan mendirikan 30 bioskop di Arab Saudi dalam kurun waktu lima tahun. Target utamanya adalah bisa membuat 100 bioskop sampai tahun 2030.

Dengan populasi warga mencapai 32 juta, 70 persen dari mereka berusia di bawah 30 tahun, dan relatif sejahtera, para analis memperkirakan Arab Saudi bisa menjadi pasar menggiurkan di bidang perfilman. Selain AMC Entertainment, beberapa pegiat bioskop dunia mulai melirik untuk berinvestasi di tanah Raja Salman tersebut.

 

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini