Share

Tere: Musik Adalah Alat Diplomasi

Annisa, Okezone · Jum'at 09 Maret 2018 20:32 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 09 205 1870509 tere-musik-adalah-alat-diplomasi-jwptBmc5F0.jpg Tere (Foto: Instagram)

JAKARTA - Hari Musik Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Maret menjadi sebuah perayaan agar indutri musik kreatifnya bisa semakin maju dan berkembang. Di tahun 2018 ini, ada banyak perayaan acara yang digelar untuk memperingati Hari Musik Nasional, mulai dari lomba nyanyi lagu anak hingga mengadakan Konferensi Musik Indonesia di daerah Ambon.

Berbeda dengan yang lain, penyanyi, Tere, mengatakan bahwa cara terbaik untuk merayakan Hari Musik Nasional adalah dengan meniadakan musik, “Dengan tidak ada musik, biar tahu sejauh apa dampaknya.” ujar Tere

Menurut Tere sendiri, selama ini perayaan musik dinilainya hanya sekedar ceremonial semata, “Terus terang aja, selama ini yang saya liat lebih banyak ke acara ceremonial, wallahu alam karena sejatinya musik kan harus dihargai, tidak hanya sekedar pemanis saja.” ucapnya saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

(Baca Juga:Film Baru Steven Spielberg Targetkan USD45 Juta di Debut Perdananya)

(Baca Juga:Cerita Ilham SMASH Setelah Rayakan Pernikahan Sederhana)

Tere pun menambahkan, “Jangan cuma pas lagi ada acara ceremony didengung-dengungkan tapi sehabis itu tidak dipikirkan lagi.” sambungnya.

Menurutnya, masih ada banyak catatan yang harus diselesaikan untuk perkembangan industri musik yang lebih baik, “Menurut saya, industrinya tidak disiapkan dan dikembangkan dengan baik. Cobalah untuk lebih serius menata musik termasuk industri dan ekosistem musiknya karena kan musik ini tidak bisa diurus sendiri oleh musisi, harus juga ada campur tangan pemerintah dan tangan-tangan lain yang ikut membantu gitu.”

Pengalaman Tere selama berkarier di industri musik Indonesia membuatnya belajar memaknai arti Hari Musik Nasional yang sesungguhnya. Bagi Tere, Hari Musik Nasional bukan hanya sekadar perayaan semata.

“ Hari Musik Nasional adalah hari untuk merefleksikan sejauh mana musik bisa memberikan pengaruh dalam hidup kita secare kesuluruhan. Jadi buat saya, musik harus bisa jadi mata pedang yang bermanfaat, tidak hanya buat diri sendiri tapi juga buat lingkungan dan negara,” jelasnya.

Tere pun melanjutkan, “Musik sejatinya bisa menjadi alat diplomasi yang sangat efektif dalam konteks bernegara, bisa jadi pemersatu bangsa dan juga alat ekonomi yang bermanfaat bagi rakyat jika dapat dikelola dengan ekosistem musik yang lebih baik sehingga menjadi pengubah generasi yang mebawa pada kebaikan.” tuturnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini