Share

Musisi Indonesia yang Harumkan Nama Bangsa di Kancah Internasional

Lidya Hidayati, Okezone · Jum'at 09 Maret 2018 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 09 205 1870351 musisi-indonesia-yang-harumkan-nama-bangsa-di-kancah-internasional-gBCFLwF4nT.jpg Anggun C Sasmi (Foto: Okezone)

JAKARTA – Ada banyak cara untuk mengharumkan nama Indonesia. Salah satunya adalah melalui musik.

Putra-putri Indonesia terbukti adalah orang-orang yang memiliki bakat di dunia musik. Banyak musisi Tanah Air yang kemampuan vokal dan musikalitasnya begitu dihargai di kancah internasional. Ini membuktikan jika musisi Indonesia tak kalah dengan penyanyi luar negeri.

Empat musisi Tanah Air yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional adalah:

1. Anggun C. Sasmi

Anggun membuktikan jika wanita Indonesia bisa berbicara di kancah dunia. Penyanyi kelahiran 29 April 1974 ini sukses mengharumkan nama Indonesia lewat kariernya di industri musik Prancis dan internasional.

Anggun memulai kariernya dengan merilis album pertamanya, “Dunia Aku Punya” pada 1986. Tiga tahun kemudian, salah satu lagu legendarisnya, Mimpi, dirilis. Sejak itu, Anggun aktif merilis lagu-lagu lainnya hingga ia dilabeli sebagai salah satu penyanyi rock wanita terbaik Indonesia.

Tak puas hanya di Indonesia, Anggun bernafsu melebarkan sayap ke dunia internasional. Untuk itu, Anggun tak ragu pindah ke Eropa. Setelah dua tahun berjuang, Anggun akhirnya direkrut produser asal Prancis, Erick Benzi. Album internasional pertamanya, “Snow on the Sahara” yang dirilis di 33 negara dan sukses menjadi album best seller di Asia. Sejak itu, karier internasional Anggun tak lagi tertahankan.

2. Sandhy Sondoro

Sandhy merupakan salah satu penyanyi pria Indonesia yang sukses di luar negeri. Tak hanya merilis lagu di Indonesia, Sandhy juga beberapa kali menelurkan album di Jerman serta Eropa.

Tak seperti kebanyakan musisi Indonesia pada umumnya, Sandhy memulai debut bermusiknya di Jerman, tempat ia kuliah. Setelah bertahun-tahun bernyanyi dari kafe ke kafe, Sandhy akhirnya merilis album debut pertamanya pada 2008, “Why Don’t We” di Jerman.

Selain merilis album di luar negeri, Sandhy juga mengharumkan nama Indonesia ketika dia memenangkan sejumlah kontes musik internasional. Pada 2009, Sandhy menjadi orang Indonesia dan Asia Tenggara pertama yang berpartisipasi di kontes musik New Wave di Latvia. Sandhy berhasil menang di kontes tersebut dengan mendapatkan nilai sempurna. Pada 2017 lalu, Sandhy kembali membuat bangga Indonesia ketika dia menang di White Night St. Petersburg untuk kategori Grand Prix.

3. Joey Alexander

Ia lah sang prodigy jazz kebanggaan Indonesia. Joey menjadi musisi Indonesia pertama yang mampu menembus chart Billboard 200 lewat albumnya “My Favorite Things”. Sejak usia dini, pemilik nama asli Josiah Alexander Sila itu sudah tampil di berbagai festival musik dan di hadapan orang-orang penting dunia seperti Bill Clinton dan Barack Obama.