Share

3 Musisi Top Nasional yang Berkarier di Luar Negeri

Ady Prawira Riandi, Okezone · Jum'at 09 Maret 2018 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 09 205 1870345 3-musisi-top-nasional-yang-berkarier-di-luar-negeri-PB9MefWz0A.jpg Agnez Mo (Foto: TRL)

JAKARTA – Perkembangan dunia musik Indonesia bisa dibilang cukup pesat. Selain band-band yang biasa manggung di luar negeri, ada beberapa penyanyi solo Indonesia yang bahkan melebarkan sayapnya di luar sana.

Kemampuan penyanyi-penyanyi ini sudah terbukti dan diakui oleh dunia. Karya-karya mereka bahkan banyak menginspirasi orang lain di luar sana.

Okezone telah merangkum 3 musisi nasional yang berkarier di panggung internasional. Siapa saja mereka?

1. Agnez Mo

Agnez Mo adalah contoh musisi Tanah Air yang berkarier di dunia internasional. Perjalanan Agnez menembus pasar luar bukan sebuah hal yang mudah. Ia berjuang bertahun-tahun agar karya-karyanya bisa dinikmati oleh masyarakat luar.

Karier bermusik Agnez di Indonesia sendiri sudah tak usah dipertanyakan lagi. Beberapa trofi penghargaan sudah pernah diraihnya, lengkap dengan predikat lagu-lagu hits terlaris seperti Tak Ada Logika, Cinta Di Ujung Jalan, atau bahkan Matahariku.

Pada bulan Juni 2013, Agnez mengubah nama panggungnya dari Agnez Monica menjadi Agnez Mo. Konsep baru dalam bermusiknya pun sudah disiapkan. Ia merilis album internasional pertamanya berjudul ‘Agnez Mo’. Meski albumnya berisi lagu-lagu berbahasa Inggris, bentuk fisik album ini hanya dijual di Indonesia.

Mimpi Agnez berkarier di internasional makin nyata ketika dirinya merilis single Coke Bottle. Lagu duetnya bersama Timbaland dan TI tersebut berhasil menembus radio-radio luar dan mengangkat namanya.

Kegigihan dan perjuangan Agnez terbayar pada Oktober 2017 saat dirinya merilis album ‘X’. Single Long As I Get Paid menjadi single pembuka sekaligus pendobrak namanya di pasar luar. Namanya pun kini bisa bersanding dengan beberapa penyanyi-penyanyi hebat Amerika. Agnez bahkan sering kali diundang ke acara-acara musik besar serta acap kali masuk dalam majalah Vogue.

2. Anggun C Sasmi

Anggun C Sasmi adalah seorang diva Indonesia dengan suara emas. Namun Anggun meninggalkan Indonesia demi mengejar impiannya di luar negeri sejak tahun 1994.

Anggun melewati proses yang cukup sulit dalam membangun kariernya di luar negeri. Dalam sebuah acara, ia sempat mengaku bahwa statusnya sebagai seorang penyanyi ternama Indonesia tak berarti apa-apa ketika ia meniti karier di London dan Paris.

Kegagalan demi kegagalan terus dirasakan oleh Anggun sampai akhirnya ia berhasil merilis sebuah album internasional berjudul ‘Snow on the Sahara’ pada tahun 1997. Album tersebut dirilis di 33 negara dan menjadi salah satu album terlaris orang Asia di luar negeri. Singlenya yang berjudul Snow on the Sahara dan What We Remember berhasil menembus tangga lagu Billboard di AS, sementara In Your Mind, Saviour, dan I’ll Be Alright masuk dalam Billboard European Hot 100 Singles.

Kini Anggun sudah bisa menikmati hasil jerih payahnya selama ini. Namanya di pasar internasional, terlebih Eropa, sudah terbilang cukup tinggi. Dirinya bahkan sempat diabadikan dalam sebuah patung lilin di Museum Madame Tussauds, Bangkok.

3. Rich Brian

Brian Imanuel atau kerap disapa Rich Brian menjadi salah satu talenta muda berbakat Indonesia yang berhasil mengharumkan namanya di pasar luar. Ia bahkan menjadi salah satu rapper terbaik yang dimiliki oleh Indonesia saat ini.

Debutnya di dunia musik diawali dengan lagu Dat $tick yang dirilis pada Februari 2016. Single tersebut bahkan langsung mendapatkan sertifikat gold dari RIAA.

Rich Brian pun akhirnya merilis album debutnya yang dinamai ‘Amen’. Album ini terasa sangat kompleks karena ia mengisinya dengan berbagai keresehan-keresahan hidup yang dirasakan olehnya.

Setelah merilis ‘Amen’, Brian memulai tur pertamanya di Amerika pada bulan April 2017. Ia pun kini menjadi salah satu rapper idola orang Asia yang ada di Amerika.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini