Film Chrisye Kini Tersedia Teks Bahasa Bagi Komunitas Difabel

Sumarni, Jurnalis · Sabtu 09 Desember 2017 21:36 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 09 206 1827913 film-chrisye-kini-tersedia-teks-bahasa-bagi-komunitas-difabel-RbVqEfOh6K.jpg Istri Alm Chrisye Damayanti Noor (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Film Chrisye dengan teks bahasa sudah bisa ditonton oleh para penyandang tunarungu di bioskop Tanah Air mulai hari ini.

Penulis sekaligus istri almarhum Chrisye, Damayanti Noor, mengatakan setiap penderita disabilitas hanya perlu memberitahu petugas bioskop untuk mendapatkam fasilitas tersebut.

"Menurut informasi yang saya dapatkan, dimana pun komunitas ini berada, bilang sama bioskopnya karena setiap studio ada. Bilang 'saya komunitas tuli' biar diberikan film yang ada teksnya," ujar Damayanti saat ditemui di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (9/12/2017).

Baca juga: Film Chrisye Berhasil Bikin Gubernur Jabar & Istri Terharu

"Jadi seluruh bioskop yang memainkan film Chrisye dipesankan seperti itu. Semua komunitas tuli yang tidak sempat datang hari ini, bisa nonton di mana saja dengan menyatakan kalau saya komunitas tuli," sambungnya.

Di samping itu, ibu empat anak ini juga menanggapi kehebohan Komunitas Tuli Indonesia yang menggelar nonton bareng film Chrisye di XXI Plaza Senayan sore tadi. Ia sangat bersyukur, mereka dapat menikmati perjalanan hidup sang suami tanpa kendala yang berarti.

"Alhamdulillah Subhanallah buat saya Masya Allah, mereka bisa mengekspresikan emosi walaupun mereka secara ini tidak mendengar tapi karena ada teks mereka senang banget. Berarti mereka mendengar dari hatinya menurut saya. Mereka bisa ikut nangis. Mereka bisa bilang lucu," kata Damayanti.

Baca juga: Perankan Sosok Chrisye, Berapa Lama Vino G. Bastian Mendalami Peran?

Ia merasa sangat terharu film garapan MNC Picture mampu mengundang reaksi positif dari para penderita tuli. "Saya terharu banget melihat mereka bereaksi seperti orang enggak ada kekurangan. Dia bisa merasakan kesedihan yang diperankan oleh Vino," imbuhnya.

Tak lupa, Damayanti mengucapkan terima kasih kepada Panji Surya Sahetapy, putra Ray Sahetapy, yang mencanangkan agar Chrisye dibuatkan versi teks dialog supaya memudahkan kaum disabilitas.

"Jadi teks itu bener-bener berbicara. Yang membuat teks bener-bener orang yang paham ini. Terima kasih kepada Surya, anaknya om Ray itu sangat membantu. Sebenarnya awalnya dari temen Surya namanya Cici, yang bertanya 'film ini ada teks enggak?' Enggak ada. Kita enggak bisa nonton dong. Jadi terpikirkan oleh kita untuk menambahkan teks," papar Damayanti.

Oleh sebab itu, Damayanti menyarankan agar para pegiat film mulai memerhatikan komunitas disabilitas dengan menyediakan film yang dilengkapi teks bahasa Indonesia.

"Besok-besok film Indonesia dipikirkan jugalah mereka-mereka ini, pakai teks juga. Mudah-mudahan jejak Chrisye ini bisa diikuti dengan film jenis apa pun," pungkasnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini