Share

Dikunjungi Mahasiswa, MNC Animation Juga Jelaskan Kondisi Industri Film Animasi Indonesia

Dewanto Kironoputro, Okezone · Kamis 26 Oktober 2017 19:58 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 26 206 1803128 dikunjungi-mahasiswa-mnc-animation-juga-jelaskan-kondisi-industri-film-animasi-indonesia-bJcawRQR05.jpg MNC Animation (Foto: Dudit/Okezone)

JAKARTA - Mayoritas pengunjung di MNC Animation justru tidak berkutat di bidang animasi. Belajar dari fakta ini, MNC Animation mengembangkan materi yang mereka bawakan setiap kali ada kunjungan yang penasaran tentang praktik mereka di dalam dapur produksi.

Pengembangan bahan itu salah satunya dilakukan oleh Head of Business Development MNC Animation Suhendra Wijaya. Ketika ditemui dalam kunjungan dari Universitas Persada Indonesia-YAI (UPI-YAI), ia menjelaskan bahwa ia ingin membuat para pengunjung tertarik terlebih dahulu dengan memberikan gambaran besar tentang animasi dan industri bisnisnya di Indonesia.

(Baca Juga: Meski Kecewa Batal Konser di Indonesia, Fans Harap Ed Sheeran Lekas Sembuh)

(Baca Juga: Komentari Isu Perselingkuhan Chris Pratt & Jennifer Lawrence, Anna Faris: Menyakitkan)

"Sebenernya lebih general sih. Selain animasi itu sendiri, mereka tahu yang namanya IP, Intellectual Property itu apa, dan pembuatan animasi juga, serta gimana pembuatan karakter-karakter animasi ini. Jadi lebih ke bisnisnya," jelas Suhendra.

CG (Computer Graphics) Supervisor MNC Animation, Wigiyantoro pernah mengungkap bahwa kunjungan pihak luar di MNC Animation hampir ada setiap bulannya. Hal ini semakin diperkuat dengan kemenangan produk mereka, KIKO, di panggung penghargaan Panasonic Gobel Awards 2016 dan Indonesian Television Awards (ITA) 2017. Selain itu, industri film animasi Indonesia juga belum dalam keadaan yang prima, sehingga penting bagi MNC Animation untuk membuat generasi muda tertarik dengan dunia animasi terlebih dahulu.

(Baca Juga: Sebut Artis Zaman Sekarang Modal Tampang, Kevin Julio Sindir Siapa Ya?)

(Baca Juga: Erat dengan Budaya Jawa, Andien dan Wizzy Ramaikan Pagelaran Budaya The Rise of Java)

Hal ini tercermin dalam presentasi yang dibawakan Suhendra di kesempatan yang ada di komplek MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (26/10/2017). Ia menjelaskan, MNC Animation sudah berencana menciptakan dua buah IP, yaitu film animasi Zak Storm dan Titus. Ia pun sedikit membeberkan tentang tokoh Titus yang akan dirilis pada 2018.

"Iya, (meningkatkan awareness), dan memperkenalkan MNC Animation," lanjut Suhendra.

Hasilnya, para mahasiswa baru paham mengenai industri animasi. Mereka menilai produksi animasi jadi jauh lebih rumit dari yang mereka bayangkan.

"Aku baru tahu kalau prosesnya susah banget, panjang banget, dan harus punya keahlian khusus ya, enggak bisa sembarangan," ungkap Yolanda, salah satu mahasiswa.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini