nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Film Indonesia Siap Bersaing dengan Karya Angelina Jolie di Foreign-Language Oscar 2018

Lidya Hidayati, Jurnalis · Jum'at 06 Oktober 2017 11:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 06 206 1789917 film-indonesia-siap-bersaing-dengan-karya-angelina-jolie-di-foreign-language-oscar-2018-98LxOCmMAj.jpg First They Killed My Father (foto: Variety)

LOS ANGELES – Oscar selalu memberikan kesempatan untuk film-film berbahasa asing bersaing dalam ajang penghargaan mereka lewat kategori Foreign-Language. Tak terkecuali untuk gelaran tahun depan.

Academy of Motion Picture Arts and Sciences telah mengumumkan daftar film-film asing yang lolos seleksi awal untuk Oscar 2018. Yang membanggakan, ada satu film Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut.

(Baca Juga: Yah, Reboot Death Wish Undur Jadwal Rilis hingga 2018)

Turah, film karya sutradara Wicaksono Wisnu Legowo berhasil mewakili Indonesia dalam daftar 92 film asing di tahap awal seleksi Oscar 2018. Turah akan bersaing dengan film-film asing dari berbagai negara, termasuk film karya Angelina Jolie.

Angelina Jolie berpeluang masuk ke Oscar dengan status sutradara untuk kategori Foreign-Language lewat film First They Killed My Father. Film yang diangkat dari kisah nyata ini terpilih mewakili Kamboja di tahap awal Foreign-Language Oscar 2018.

(Baca Juga: Keren! James Bond Akan Perankan Mr Sinister di Film Gambit)

Turah merupakan film yang diproduksi pada 2016. Film yang diproduseri Ifa Isfansyah, sutradara Pendekar Tongkat Emas ini menggunakan bahasa Tegal di sepanjang film yang berdurasi 83 menit.

Film ini berkisah tentang kehidupan masyarakt kampung Tirang yang ada di Tegal. Kampung Tirang mengalami isolasi selama bertahun-tahun yang pada akhirnya memunculkan berbagai macam masalah.

(Baca Juga: Trailer Pokemon the Movie: I Choose You Perlihatkan Awal Pertemuan Pikachu & Ash)

Dilansir Variety, Jumat (6/10/2017), Turah dan Firsth They Killed My Father bersaing dengan film-film berkualitas lainnya. Sebut saja Happy End dari Austria, A Fantastic Woman dari Chile, Loveless dari Rusia, dan Thelma dari Norwegia.

Tak ketinggalan juga film The Square. Film ini adalah produksi Swedia yang sudah memenangkan penghargaan Pame d’Or di Cannes Film Festival pada Mei lalu.

(Baca Juga: Yaahh, Tanggal Rilis Fast and Furious 9 Diundur hingga 2020)

Di sisi lain, jumlah film yang masuk ke tahap awal seleksi Foreign-Language Oscar 2018 mencatatkan rekor baru. 92 film yang terdaftar dalam seleksi Foreign-Language saat ini menjadi angka terbanyak sepanjang sejarah adanya kategori tersebut di Oscar.

Untuk Oscar 2017, kategori Foreign-Language dimenangkan oleh film The Salesman karya Ashgar Farhadi. Sayangnya, Ashgar Farhadi menolak untuk datang ke Oscar dan menerima langsung trofi kemenangannya. Tindakan itu diambil Ashgar Farhadi sebagai bentuk protes kepada Presiden Amerika Serikat yang memberlakukan travel ban kepada sejumlah negara Islam.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini